POPULAR STORIES

Test Drive Jaguar F-Pace 3.0 R-Sport, Tawarkan Kepraktisan Tinggi Dan Rasa Berkendara Sport

Test Drive Jaguar F-Pace 3.0 R-Sport, Tawarkan Kepraktisan Tinggi dan Rasa Berkendara Sport

KabarOto.com - Ini adalah Jaguar F-Pace 3.0 R-Sport, SUV pertama dalam sejarah panjang manufaktur asal Britania Raya, dan ada alasan mengapa Jaguar yang biasanya dikenal dengan jajaran saloon dan sedan sport mulai menghasilkan sebuah kendaraan SUV.

Alasan trend SUV global menjadi hal fundamental dan Jaguar memiliki tujuan untuk lebih mencatatkan namanya di jajaran penjualan global. Sedikit terlambat? Kami rasa tidak. Paling tidak itu pendapat kami setelah bertemu langsung dengan F-Pace.

Terdapat beberapa varian dari F-Pace yang ditawarkan di mancanegara, SUV pesaing Porsche Macan ini dibawa oleh PT Wahana Auto Ekamarga selaku APM Jaguar-Land Rover di Tanah Air, yang KabarOto gunakan untuk pengujian adalah 3.0 R-Sport sebagai salah satu varian atasnya

Menggendong mesin 3.0 V6 berbahan bakar bensin dan kami dengan senang hati mencoba varian atas ini dengan ukuran velg standar 22 inci. KabarOto sudah menantikan untuk dapat mengendarai SUV pertama lansiran Jaguar ini. Bahasa desain khas Jaguar yang berkelas sekaligus ber-DNA sporty terpancar dalam dimensi yang agak bongsor namun cukup dinamis dan itu cukup memukau KabarOto.

Baca juga: Jaguar Kenalkan 2 Versi F-Pace, 300 Sport dan Chequered Flag

Memiliki desain dengan pahatan garis aerodinamika yang menawan

Pahatan dan garis-garis pendukung aerodinamikanya mengatakan bahwa ini adalah mobil premium SUV. KabarOto menyukai desainnya, khususnya bagi mereka yang sedang mencari SUV atau crossover premium baru.

F-Pace tawarkan ruang kabin menawan berdesain kontemporer yang memadukan dua warna, yakni hitam dan merah sehingga kuat nuansa sporty-nya. Material premium berkualitas dan pengrajin andal menjadi jaminan kemewahan kabin F-Pace yang juga sangat mendukung kepraktisan dan kenyamanan.

Posisi duduk mengemudinya cukup nyaman, bagian jok memiliki desain berlekuk sesuai dengan kontur tubuh manusia pada umumnya. Tuas transmisinya berkesan modern, tuas tersebut otomatis akan menampakan diri, setelah posisi mesin mobil dalam keadaan menyala.

Penumpang dimanjakan dengan ruang kaki yang lega, dengan ruang kaki 945 mm untuk baris kedua tentunya merupakan angka yang sangat cukup untuk sebuah SUV. Bagasi F-Pace juga termasuk luas di kelasnya dengan kapasitas hingga 650 liter.

Sementara sektor infotainment disokong layar sentuh 10.2 inci dengan sistem InControl yang sarat fungsi. Sementara sistem audio jempolan dari Meridian dengan daya 380W siap untuk menghasilkan suara kualitas terbaik dari jajaran koleksi musik Anda.

Arsitektur F-Pace menggunakan platform yang sama dengan XE dan XF, yang berarti bahwa sasisnya 80% aluminium yang kuat dan ringan serta dengan suspensi depan double-wishbone dan integral-link di belakang.

Jantung mekanis adalah 3.0 liter V6 dengan supercharger seperti yang digunakan oleh Jaguar F-Type, dengan tenaga maksimum 335 dk pada 6.500 rpm dan torsi puncak 450 Nm pada 4.500 rpm. Walaupun menggunakan jantung mekanis yang serupa dengan F-Type, raungan mesin pada F-Pace terasa jauh lebih sopan.

Baca juga: Mobil Elektrik I-Pace Milik Jaguar Menangkan Penghargaan

Desain lampu belakang mengisyaratkan bahasa desain sport pada mobil ini

Dalam posisi mode berkendara Eco, langsung dibuat tercengang oleh respon throttle-nya yang sangat instan dan berbobot. Pengendaraannya tak seperti SUV lain yang pernah saya kendarai, bahkan tidak juga dengan keluarga Land Rover yang notabene satu keluarga dengan Jaguar saat ini.

Mode Comfort sangat terasa signifikan perbedaannya, dan mode Dynamic akan membuat saya tak sabar ingin terus menjejakkan kaki pada pedal akselerator. Apalagi ketika dial transmisi diposisikan di S, dengan putaran mesin melonjak dan menjadikan F-Pace terasa lebih liar.

Mobil ini memiliki performa mesin yang responsif, akselerasi 0-100 kpj dapat ditempuh hanya dalam waktu 5,5 detik. Saat menggunakan mode berkendara Dynamic, terasa sekali akselerasi cepatnya dan raungan suara mesinnya lebih bengis.

F-Pace menyandang identitas sebagai sebuah Jaguar yang dibangun dari elemen F-Type, salah satunya adalah sistem penggerak AWD dengan kecenderungan porsi besar di belakang dan sistem torque vectoring untuk menyerang segala jenis tikungan.

Saya pun coba membawa F-Pace berbelok cukup tajam dengan kecepatan menengah menggunakan mode Dynamic dan transmisi D. Hasilnya sedikit di luar dugaan saya karena understeer menyambut kami. Saya pun memindahkan transmisi menjadi S dan ternyata memberi pengaruh sehingga F-Pace mau berbelok, bahkan diiringi dengan sedikit pergerakan keluar dari bokong F-Pace.

Segala kebaikan dari SUV dan identitas karakter berkendara Jaguar akan Anda temui di F-Pace. Kepraktisan, performa hebat, kestabilan, serta ketangkasannya dalam melakukan pergerakan penuh dinamika akan membuat makin bersemangat para pengemudi.

Property PT Wahana Auto Ekamarga
Harga Rp 2,1 miliar (OFR Jakarta)
Dimensi (PxLxT) mm 4.731 x 2.175 x 1.652
Sumbu Roda 2.874 mm
Mesin V6 Supercharger
Kapasitas 2.995 cc
Transmisi Otomatis, 8 Percepatan
Tenaga 335 dk @ 6.500 rpm
Torsi 450 Nm @ 4.500 rpm
Jarak Pengujian 543 km
Rute Pengujian Bogor - Tol JORR - BSD City - Parung - Bogor
Komsumsi Bahan Bakar Kombinasi 9,7 kpl
Jenis Bahan Bakar Ron 95