Test Drive Mercedes-Benz GLA 200 AMG Style, Kompak SUV Untuk Aktivitas Harian

Test Drive Mercedes-Benz GLA 200 AMG Style, Kompak SUV untuk Aktivitas Harian

KabarOto.com - Mercedes-Benz hadirkan mobil SUV kompak GLA 200 di pasar otomotif Indonesia, hal ini merupakan langkah pabrikan asal Jerman tersebut untuk memperkuat line-up mobil-mobil barunya di segman yang kini terus tumbuh. Kehadiran Mercedes-Benz GLA 200 diperuntukan bagi penyuka kendaraan SUV yang kompak dan lincah.

Dari segi penampilannya, desain mobil ini memancarkan karakter yang kuat dan khas, kompak SUV kuat terpancar dari bagian depan dengan gril ganda lebar. Menegaskan seperti pada ciri khas setiap line-up SUV dari Mercedes-Benz, penegasan ditambahkan dengan kisi udara yang cukup besar mewakili kendaraan jenis sport, plus lampu depan yang sudah mengadopsi teknologi bi-xenon sebagai perlengkapan standarnya.

Baca juga: Kumpulkan 880 Juta Kupon Undian, Akhirnya Bapak Ini Menang Mercedes-Benz C 300 AMG

Bagian buritan mengutamakan nilai aerodinamika yang baik,dilengkapi dengan spoiler atas serta bagian garis bodi yang menggembung pada bagian belakang. Untuk memberi kesan sporty, bagian belakangnya dilengkapi dengan diffuser dengan dua buah tail pipe. Serta didominasi oleh insert diffuser dengan matte titanium lis berwarna abu-abu.

Peleknya menggunakan model two tone berdesain sporty, memiliki ukuran pelek berdiameter 19” dengan ban bertapak lebar berukuran 235/45.

Mercedes-Benz GLA 200 adalah kompak SUV di segmen premium. Jantung mekanisnya adalah mesin bensin 4-silinder DOHC dengan turbocharged, menggunakan mesin berkapasitas 1.595 cc, sama seperti yang digunakan pada A 200 dan CLA 200.

Sama halnya dengan kedua saudaranya tadi, kendaraan ini mengadopsi sistem penggerak 4 roda. Dengan transmisi otomatis DCT yang sudah mengadopsi teknologi dual clutch (kopling ganda) dengan 7 percepatan. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 156 dk pada putaran mesin 6.000 rpm, dan torsi puncak 250 Nm. Dan mampu melesat 0-100 kpj hanya dalam waktu 8.4 detik saja, plus kecepatan tertingginya dapat mencapai angka 215 kpj.

Performa mesinnya cukup mumpuni, cukup responsif saat bergerak di kemacetan padat jalan Sudirman, Jakarta Pusat, dan lincah. Kondisi lalulintas yang padat pada saat itu, stop and go menjadi tidak menyulitkan mobil tersebut.

Baca juga: Dari Mercedes-Benz 600 Pullman Hingga Range Rover, Ini Dia Koleksi Mobil Langka BJ Habibie

Menurut pandangan Kami bahwa sejatinya GLA ini biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Dimensinya yang tidak terlalu besar, namun memiliki jarak pijak yang cukup tinggi layaknya sebuah SUV. Dimensinya ini membantu mobil ini mudah untuk memarkirkan, tidak harus ruang parkir yang besar.

Sementara bagian interiornya mengkombinasikan unsur sporty dan kemewahan, jok pengemudi dan penumpang depannya menggunakan model semi bucket, dilapis dengan bahan kulit berkualitas berwarna hitam. Bagian panel instrumen menggunakan aksen alumunium, serta lingkar setir yang terbungkus bahan kulit nappa.

Ruang kabin terasa mewah dan modern, pihak Mercedes-Benz merancang mobil ini agar pengemudi merasakan mengemudikan mobil sport bukan sebuah SUV.Nuansa sport tadi begitu kental, sebagai kelengkapan standar, mobil ini sudah dilengkapi dengan panoramic roof.

Masuk kepada momen yang paling ditunggu, yakni sektor performa kendaraan ini. Dari awal sudah Kami jelaskan mesin yang digunakannya, jujur saja Kami terkejut dengan performa sebenarnya. Handlingnya cukup baik saat manuver pada kecepatan tinggi, GLA 200 seperti mengikuti keinginan pengemudinya. Suspensi keras memberikan tingkat kestabilan yang baik saat melahap tikungan pada kecepatan tinggi.

Bagaimana untuk penggunaan harian di Ibukota? Rasanya terbilang cukup pantas, komsumsi bahan bakarnya adalah 11,36 kpl untuk jalanan berbagai kondisi. Kompak SUV ini dibanderol Rp 745 juta dengan kondisi off the road.

Spesifikasi

  • Harga : Rp 745.000.000,- (Off The Road)
  • Dimensi (p/t/l) : 4.445 / 1.479 / 1.804 mm
  • Mesin : 4-Silinder DOHC Turbocharger
  • Kapasitas : 1.595 cc
  • Transmisi : Otomatis, Speedshift DCT 7-Speed
  • Jenis Kopling : Dual Clutch
  • Tenaga : 156 dk @ 6.000 rpm
  • Torsi : 250 Nm @ 2.250 – 5.000 rpm
  • Ban : 235/45 R19
  • Akselerasi 0-100kpj : 8.4 detik
  • Top Speed : 215 kpj
  • Komsumsi Bahan Bakar: 11,36 kpl
  • Jenis Bahan Bakar: Ron 95
  • Jarak Tempuh: 237 km
  • Rute Pengujian: Bogor - Parung - BSD City - Tol JORR - Cibubur - Sentul Selatan - Bogor