POPULAR STORIES

Test Drive Mitsubishi Triton Ultimate AT 4WD, Sosok Modern Pikap Double Cabin

Test Drive Mitsubishi Triton Ultimate AT 4WD, Sosok Modern Pikap Double Cabin Foto: Jojo / Benny

KabarOto.com - Mitsubishi Triton dikenal sebagai pikap tangguh, apalagi model dengan penggerak roda 4x4 menadi incaran konsumennya. Kabarnya kendaraan selain tangguh juga karena desain eksterior yang dinamis dan modern, sehingga masih santuy untuk diajak jalan-jalan di kota.

KabarOto diberikan kesempatan oleh pihak PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) melakukan pengujian unit kendaraan Mitsubishi Triton Ultimate AT 4WD, ini adalah varian teratas dari Mitsubishi Triton yang dibanderol Rp 489.500.000 (OTR Jabodetabek).

Model baru Mitsubishi Triton ini resmi dipasarkan bersamaan dengan digelarnya Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 silam. Melalui kehadiran generasi keenam dari pikap kabin ganda ini, pihak MMKSI meyakini mampu memperkuat pasar mereka di pasar domestik.

Baca juga: Fitur Modern Ini Bantu Mitsubishi New Triton Menjelajah Medan Off-Road

Eksterior

Mengusung konsep desain yang lebih segar, jelas spesifikasi Mitsubishi Triton di bagian eksterior akan membuat mata terpana. Dari segi eksterior, sentuhan baru pada New Triton ini terlihat pada bagian fascia yang memiliki bentuk desain baru. Lampu atas atau DRL Mitsubishi Triton berbentuk lebih ‘sipit’ dengan ujung bagian atas masuk ke bodi samping, sementara lampu utamanya berada tepat di bumper.

Selain itu, New Triton juga mengusung desain grill depan "dynamic shield" yang kini berlabur krom. Sementara fog lamp depan New Triton juga memiliki konsep desain baru dengan bezel tipis di sekitar lampunya. Penyegaran pun juga terjadi pada bagian samping Mitsubishi Strada Triton ini, berupa wide fender dan juga side foot step serta penggunaan chrome door handle.

Mitsubishi sendiri masih mengusung konsep desain J-Line pada Triton. Dengan desain tersebut, Mitsubishi Triton diklaim memiliki kemampuan manuver lebih baik serta akan memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpangnya. Tidak hanya itu, sisi luar Triton kini memiliki desain yang aerodinamis sehingga kendaraan dapat dilewati aliran udara dengan baik untuk mendapat tingkat efisiensi terbaik.

Jadi, secara umum spesifikasi Mitsubishi Triton di bagian desain luar tetap mempertahankan bodi gagah yang dipadukan dengan sentuhan baru yang menambahkan unsur kemewahan pada dirinya.

Sebagai kendaraan multifungsi, pastinya spesifikasi Mitsubishi Strada Triton memiliki ukuran yang pas untuk segala kondisi. Secara spesifik, ukuran bodi dari kelima varian New Triton tak jauh berbeda. Rata-rata tubuh Mitsubishi Triton ini memiliki panjang sekitar 5.305 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.795 mm dan sumbu roda 3.000 mm. Untuk ukuran pikap, dimensi Mitsubishi Triton ini memang sangat cocok untuk segala kondisi maupun fungsi.

Ruang kargonya memiliki panjang 1.520 mm, lebar 1.470 mm dan tinggi 475 mm.Spesifikasi Mitsubishi Triton juga dibekali dengan suspensi dan struktur bodi yang lebih kuat. Hal ini akan membuat New Triton memiliki performa yang semakin maksimal serta mampu memberikan kenyamanan saat dikendarai.

Baca juga: Test Drive New Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate (4x2) AT, Lincah Dan Responsif

Interior

Penghuni kabin Mitsubishi Triton pun juga akan dibuat nyaman dengan adanya fitur Auto Air Conditioner (AC). Sedangkan pada panel dasbor, Mitsubishi menyematkan beberapa sentuhan baru berupa Piano Black Panel Design, lalu ada juga transmission sport mode dengan 4WD Dial Mode.

Untuk memberikan kenyamanan saat berkendara, Mitsubishi Triton pun juga telah dipasangi jok kulit, hi-grade fabric, serta arm rest pada bangku baris kedua. Selain itu, ada juga hidden space atau tempat untuk penyimpanan barang yang terletak di bagian belakang konsol tengah. Satu hal yang pasti, spesifikasi Mitsubishi Triton semua varian telah dilengkapi dengan glove box dan juga center console.

Dasbor modern dengan tombol AC model operasi digital, head unit dengan kemampuan multimedia, tombol setir untuk kontrol audio, MID dan cruise control. Layaknya kendaraan premium, untuk menghidupkan mesin cukup dengan menekan tombol start/stop engine. Kemudian kursi depan sudah mengadopsi pengoperasian elektrik.

Kabin yang lega, baris kedua seperti kebanyakan mobil pikap, posisi senderan tegak namun leg room nya cukup leluasa. Begitu pula dengan head room, cukup tinggi bagi pengemudi dengan tinggi 175 cm.