Test Drive Mitsubishi Xpander Sport A/T

Test Drive Mitsubishi Xpander Sport A/T Test Drive Mitsubishi Xpander Sport A/T (Deni/KO)

KabarOto.com - Mitsubishi Xpander, rasanya mobil ini menjadi salah satu mobil yang cukup fenomenal di industri Tanah Air selama kurun waktu hampir dua tahun terakhir. Bagaimana tidak, Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) nyatanya mampu bersaing kuat dengan 'Si Kembar' Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Melihat tingginya penjualan Mitsubshi Xpander di Indonesia, rasanya pantas saja, mengingat mobil ini memang menyajikan desain yang benar-benar segar di segmen mobil keluarga 7-penumpang. Di sisi lain, Mitsubishi Xpander pun dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap dan modern.

Beruntung, beberapa waktu lalu redaksi KabarOto sempat merasakan langsung impresi berkendara dengan Xpander Sport bertransmisi otomatis yang dibanderol dengan harga Rp 256,4 juta. Ingin tahu seperti apa impresi berkendaranya? Berikut ulasan lengkapnya.

Desain modern Mitsubishi Xpander menjadi daya tariknya
Desain modern Mitsubishi Xpander menjadi daya tariknya

Eksterior

Secara tampilan Mitsubishi Xpander bisa dibilang memiliki desain paling modern saat ini di kelas LMPV. Mobil ini menyajikan desain perpaduan antara LMPV dan juga SUV. Tampilannya pun terlihat tegas dan tangguh, namun tetap mempertahankan fungsionalitas layaknya sebuah kendaraan multiguna yang mampu mengakomodir kebutuhan.

Mitsubishi Xpander memiliki bahasa desain Dynamic Shield yang sangat kental. Mobil ini dilengkapi tampilan gril depan dengan aksen krom membuatnya tampil lebih mewah, spoiler bawah bumper depan dan spoiler bawah bumper belakang berkelir silver membuatnya semakin menarik. Foglamp juga sudah pakai aksen krom, tetapi cover spion tetap pakai warna senada bodi.

Baca juga: Isuzu Traga Dari Indonesia Bakal Jajal Pasar Asia Tenggara

Eksterior Mitsubishi Xpander
Eksterior Mitsubishi Xpander

Pembeda Mitsubishi Xpander dengan LMPV lainnya terdapat pada lampu utama yang berada di bumper. Lampu masih menggunakan lampu jenis halogen, serta didukung dengan lampu LED untuk menunjang kesan modern semakin terasa.

Untuk mempertegas tampilannya yang sporty, mobil ini didukung dengan pelek berukuran 16 inci dual tone, yang memancarkan kesan modern juga semakin terasa.

Interior Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander Sport menyajikan interior dengan dominasi kelir hitam

Interior

Sisi ini yang paling membedakan Xpander Sport dengan varian lainnya. Di mana tipe Sport tampilan interiornya di dominasi kelir hitam untuk menunjang kesan sporty semakin terpancar.

Mitsubishi Xpander menyajikan ruang kabin yang luas, setidaknya untuk menampung 7 orang penumpang, mobil ini masih menyajikan kelegaan bagi setiap penumpang ketika berada di dalam kabin, ini berkat bodi sepanjang 4.475 mm

Nilai positif yang dapat ketika berada di dalam kabin adalah kabin yang terbilang senyap. Ketika mesin mulai dihidupkan tak ada suara yang masuk ke dalam kabin, termasuk raungan mesin sekalipun. Saat jalan, desiran angin, gesekan aspal dan ban serta kebisingan area sekitar tidak begitu terdengar. Distorsi peredaman cukup maksimal sehingga terasa tidak terlalu bising.

Tidak sampai disitu saja, ketika mulai menyalakan sektor hiburan dari head unit single DIN yang berada di tengah dasbor. Lantunan musik cukup merdu dan terdengar jelas tanpa menyetel volume dengan level tinggi. Head unit monokrom itu telah dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti AUX, USB port, CD dan radio untuk menunjang kenyamanan saat berkendara.

head unit single din pada tipe Sport
head unit single din pada tipe Sport

Sebagai catatan yang perlu diketahui, satu hal yang paling menarik buat kami. Mobil ini telah menggunakan Smart Key. Remot ini tak perlu dikeluar-masukkan dari kantung di tubuh Anda. Untuk membuka pintu, cukup menekan tombol di gagang dan kunci dinonaktifkan. Ketika menyalakan mobil, tak perlu memasukkan anak kunci. Cukup tekan tombol Start sambil menginjak rem, mobil pun sudah menyala.

Mitsubishi Xpander pun menyajikan Multi Information Display (MID) berbasis TFT full colour yang menyajikan beragam informasi, serta di desain modern. Informasi berupa animasi pun cukup menghibur, terdapat gambar Xpander terpajang begitu mobil dinyalakan lalu berganti informasi kendaraan saat dijalankan.

Pengaturan AC Mitsubishi Xpander
Pengaturan AC Mitsubishi Xpander

Keunggulan interior Mitsubishi Xpander, menyajikan operasional AC yang fungsional. Tingkatan suhu tentu bisa diatur, bahkan kekencangan kipasnya punya 8 setelan, plus konfigurasi arah semprotannya. Masih ditambah, pengaturan untuk AC double blower di belakang.

Selain itu, Mitsubishi Xpander pun dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang berlimpah. Mulai dari bagian depan yang terletak di jok depan, terdapat laci, lalu di atasnya ada ruang untuk sekadar menaruh smartphone, pun di sisi samping konsol tengah dasbor, yang dekat lutut, masih ada kompartemen kecil. Total ada 19 ruang penyimpanan di kabin Mitsubishi Xpander.

Baca juga: Cuma 2 Unit, Mazda MX-5 30th Anniversary Edition Dipastikan Bakal Masuk Indonesia

Mesin Mitsubishi Xpander

Mesin

Mitsubishi Xpander menggunakan mesin unit 4A91, 1.499 cc. Konfigurasinya 4 silinder segaris dengan jumlah katup 16 valve DOHC. Saat kami pijak gas, sambutan tenaganya ternyata cukup responsif. Padat terisi sejak putaran bawah, dan disambut perpindahan gigi yang lembut.

Transmisi otomatis yang digunakan merupakan konvensional dengan 4-percepatan yang lembut. Entakan yang kerap menyambut di mobil transmisi otomatis konvensional lain, tak terasa mengintrusi pengendaraan. Kesimpulan yang kami bisa dapat adalah girboks otomatis Xpander sedikit lebih baik dari girboks konvensional pada umumnya.

Mobil ini pun menyajikan handling yang oke, sistem kemudinya pun ringan. Setir masih bisa mengkonversi sudut putar dengan baik pada pergerakan roda. Hal ini positif bagi pengendara amatir yang kerap kerepotan dengan bobot putar kemudi. Pengendaliannya juga didukung suspensi yang akomodatif. Konfigurasinya sama dengan mobil kebanyakan, MacPherson Strut di depan, dan Torsion Beam di belakang.

Berbekal handling yang nyaman
Handling Mitsubishi Xpander nyaman

Pemilihan suspensi itu terasa tepat, ketika harus berhadapan dengan jalan berlubang, bergelombang, redamannya tidak mengganggu kenyamanan kabin. Kami bahkan mengujinya dengan enam orang di kabin, baik di posisi pengemudi maupun penumpang. Mobil tetap nyaman ketika melibas hambatan.

Konsumsi bahan bakar mesin 4 silinder DOHC 1.5L Xpander pun terbilang cukup efisien. Berangkat dari hasil pengujian kami di jalur perkotaan, konsumsi BBM-nya mampu menembus 14,6 km/liter. Sementara dalam kecepatan konstan 80 kpj, konsumsi BBM yang dihasilkan mampu menembus 20,2 km/l. Pencapaian itu tentunya cukup baik untuk sekelas mobil jenis MPV.

Kesimpulan

Mitsubishi Xpander rasanya pantas menjadi pilihan baru bagi masyarakat yang mendambakan mobil keluarga dengan desain modern yang nyaman. Mulai dari suspensi, posisi mengemudi, kekedapan kabin yang mumpuni, untuk kelas LMPV, rasanya mobil ini menjadi salah satu mobil keluarga yang mengutamakan kenyamanan berkendara.

Untuk Xpander, Mitsubishi patut diacungi jempol, yang berhasil meracik sebuah LMPV yang modern baik dari sisi fitur dan juga desain.

Berikut spesifikasi lengkapnya:

Mesin 1.5 liter 4 silinder 16 Valve DOHC
Tenaga 103 dk
Torsi 141 Nm
Dimensi PxLxT 4475 mm x 1750 mm x 1700 mm
Ground Clearance 205 mm
Transmisi 4-percepatan Otomatis
Konsumsi BBM Perkotaan 14,6 km/l
Konsumsi BBM 80 Kpj 20,2 km/l
Ban 205/55 R16
Radius Putar 5,2 m