Test Drive Toyota Corolla Cross Hybrid - SUV Rasa Sedan

Test Drive Toyota Corolla Cross Hybrid - SUV Rasa Sedan

KabarOto.com - Nama Besar Toyota Corolla sebagai sedan terlaris di dunia merupakan fakta yang tak bisa dipungkiri. Bahkan, beberapa tipe Corolla punya sumbangsih besar di dunia motorsport nasional dan internasional pada masa lalu, sebut saja Twincam GT atau DX yang kerap digunakan di ajang reli.

Predikat tersebut tak disia-siakan oleh pabrikan Jepang tersebut untuk reinkarnasi varian terbaru di pertengahan tahun 2020 yakni Toyota Corolla Cross dengan pilihan mesin bahan bakar konvensional juga hybrid.

Tak lagi berwujud sedan, mobil yang dibuat dengan platform Toyota New Global Architecture C (TNGA-C) ini berwujud Sport Utility Vehicle (SUV). Tak berlama-lama, KabarOto yang merasa penasaran pun menjajal mobil ini selama 4 hari untuk merasakan apakah Toyota Corolla Cross ini mengusung sesuatu yang baru atau hanya ikut tren SUV yang sedang naik daun dan 'menumpang' ketenaran nama besar Corolla di masa lampau.

Kebetulan kami mengetes unit hybrid yang dibanderol Rp 497,8 juta on the road DKI Jakarta, lebih mahal sekitar Rp 50 juta dibanding varian mesin bensin konvensional.

Baca juga: Toyota Corolla Cross Laku 300 Unit, Tipe Hybrid Paling Diminati

Garis tajam memang jadi desain yang diandalkan Toyota untuk SUV baru mereka ini, terlebih lagi tren lampu depan dan belakang yang sipit bisa mendongkrak sosok mobil ini agar punya tampilan lebih mewah.

Menggendong embel-embel 'Crosss', material plastik berwarna black matte terdapat di sekliling mobil mulai bumper, fender, dan side skirt agar terlihat mobil ini sanggup bermain tanah. Kerennya, banyak aksen biru di eksterior seperti headlamp LED dan emblem seakan menegaskan status hybrid-nya.

Mencoba masuk kabin, joknya terbuat dari material kulit berwarna hitam. Uniknya, meski jenisnya SUV, namun test driver seakan merasakan mengemudi mobil sedan layaknya Corolla generasi terdahulu.

Hal tersebut dikarenakan posisi door trim dan dasbor yang relatif tinggi juga desain atap Corolla Cross yang landai. Namun, hal tersebut tak mengganggu visibilitas sama sekali bagi test driver KabarOto dengan tinggi 188 cm.

Meski terliat 'bulky', namun setir nyaman digenggam karena materialnya empuk, bisa juga diatur dengan mudah secara manual dan sudah menggunakan teleskopik. menjangkau fitur di dasbor bagian tengah juga bisa dilakukan sambil bersandar tanpa harus mengganggu konsentrasi mengemudi.

Adapun fitur yang tersedia di setir berupa cruise control, tombol entertainment dan tombol untuk memantau kondisi kendaraan yang dapat dilihat di layar spidometer.

Bagian tengah dasbornya terdapat head unit layar sentuh dengan pilihan menu M-Toyota, Bluetooth, Media, E-money NFC, Notify, Phone, Connection, Apps, dan Setting. adapun tombol untuk membuka dan menutup sunroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.