POPULAR STORIES

Test Drive Toyota GR Yaris, Menggunakan Platform Unik

Test Drive Toyota GR Yaris, Menggunakan Platform Unik Foto: Benny

KabarOto.com - Toyota Yaris adalah mobil hatchback yang diproduksi oleh pabrikan asal Jepang, Toyota. Sebagai informasi, Yaris pertama kali diluncurkan pada 1999 di negara-negara Eropa. Mobil dengan nama Toyota Vitz ini langsung mendapatkan tempat dipengguna karena konsumsi bahan bakar, kompak dan performa mesin yang mumpuni.

Khusus untuk pasar Indonesia, generasi kedua Toyota Yaris meluncur pada tahun 2006 dan dirakit di Thailand. Menggunakan mesin 4 silinder DOHC 1.500 cc dengan transmisi manual dan otomatis. Hingga saat ini, di Indonesia Toyota Yaris masih dipasarkan, namun memiliki model yang berbeda dengan negara Eropa, Amerika Serikat dan Jepang.

Pasar Indonesia memiliki kiblat model yang berbeda, konsumen mementingkan mobil hatchback dengan ruang kabin lega. Itulah mengapa model yang beredar di Indonesia sama dengan di India dan Thailand.

Baca juga: Toyota GR Yaris Rally1 Meluncur, Siap Hadapi WRC 2022

Desain modern dengan lekukan agresif, menunjukan kegarangan mobil ini

Lalu apa hubungannya dengan kehadiran Toyota GR Yaris yang diniagakan hanya 126 unit di Indonesia?

Toyota GR Yaris ini hadir sebagai upaya Toyota untuk memenuhi homologasi World Rally Champion (WRC), untuk mengikut sertakan Toyota GR Yaris ini di ajang bergengsi WRC, maka setidaknya harus ada 2.500 unit GR Yaris dalam periode satu tahun sudah terjual ke konsumen di seluruh dunia.

Toyota GR Yaris adalah upaya pihak pabrikan Jepang itu untuk mengikuti ajang WRC, dan divisi Gazoo Racing sudah membangun prototipe yang merupakan hasil rekayasa dan modifikasi dari Toyota Yaris atau Fitz. Mobil reli yang dihomologasikan untuk WRC diharuskan menggunakan bodi dasar yang sama dengan mobil produksi umum.

Tim Gazoo Racing WRT, dipimpin oleh kepala tim dan juara WRC 4 kali Tommi Makinen, terlibat dalam desain. Tantangannya adalah membuat mobil yang mampu diperlengkapi untuk balapan di acara WRC, tetapi juga cocok untuk berkendara sehari-hari. Toyota dan Mäkinen menghabiskan waktu untuk menguji coba hatchback 2 pintu ini dibeberapa lintasan termasuk jalur jalan bersalju, kerikil dan aspal.

Nah, keberadaan 126 unit GR Yaris di Indonesia itu adalah untuk memenuhi homologasi WRC. Kendaraan hatchback dengan 2 pintu ini harus tersebar penjualannya di seluruh dunia. Kebetulan Indonesia juga kebagian, tapi kabarnya kendaraan hanya dengan transmisi manual 6 percepatan ini awalnya dibanderol Rp 850 juta. Berdasarkan pantauan di website resmi Toyota Indonesia, GR Yaris ini sudah "sold out". Habis dibeli oleh para kolektor mobil cepat di Indonesia.

Beberapa importir umum (IU) juga menjual GR Yaris, namun harganya cukup fantastis. Beberapa ada yang menjual mulai Rp 1 miliar hingga Rp 1,5 miliar. Luar biasa!