Test Ride - Merasakan Royal Enfield Himalayan Di Dua Alam

Test Ride - Merasakan Royal Enfield Himalayan di Dua Alam

KabarOto.com - Saat pertama kali melihat motor ini di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 lalu, saya sangat meragukan kemampuan Royal Enfield Himalayan. Betapa tidak, tampilannya walau seperti motor adventure namun terlihat kaku. Dalam benak saya, apakah motor ini bakal diminati pencinta adventure?

Ternyata pikiran negatif saat itu hilang dalam sekejap. KabarOto diberikan kesempatan untuk menjajal motor adventure buatan India ini, dan saya pun tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Posturnya yang tinggi membuat saya harus memijakkan kaki di footstep kiri untuk bisa naik keatasnya. Dengan ground clearance 220mm ditunjang dengan tinggi badan saya yang mencapai 175 cm masih membuat kaki saya sedikit menjinjit, tidak bisa menapak dengan sempurna. Tapi dengan jok yang ramping, cukup nyaman berada diatasnya.

Baca Juga: Test Ride - Kencan Seminggu Dengan Royal Enfield Classic 500

Ground clearance Himalayan 220mm dengan bobot 191 kg

Himalayan ini memiliki bobot 191 kg, sehingga cukup berat, dan saya ragu apakah dengan berat badan yang mencapai 75 kg bisa mengendarainya dengan sempurna. Saat kunci kontak saya putar, speedometer, tachometer dan indikator bensinnya yang masih analog, langsung menyala.

Ada satu panel digital di bagian bawah speedometer yang berisi informasi lengkap mulai dari jam, odometer, suhu udara di sekitar, sampai informasi trip a,b,konsumsi bahan bakar. Ada juga keterangan jika standar samping masih terbuka dan juga dibekali dengan kompas yang posisinya di sebelah kanan panel bensin.

Spion yang bulat yang tinggi memudahkan pengendaranya melihat situasi jalan di belakang. Tangkinya yang besar bisa menampung 15 liter bahan bakar.