POPULAR STORIES

Test Ride Vespa GTS 150 Super Sport 2023 - Jelajahi 456 Km Generasi Big Body Terbaru

Test Ride Vespa GTS 150 Super Sport 2023 - Jelajahi 456 km Generasi Big Body Terbaru (Foto: Kipli & Tim KabarOto)

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu, PT Piaggio Indonesia resmi memboyong 3 tipe GTS terbaru yakni Classic, Super Sport dan Super Tech. Ketiganya memiliki karakteristiknya masing-masing. Namun, KabarOto dibuat penasaran dengan performa Super Sport yang telah dijajal sejauh 456 km dari Tangerang Selatan hingga Garut, Jawa Barat.

Dibekali ukurannya yang besar, bodi GTS dirancang paling elegan di keluarga besar Vespa di sekitar kota, selain itu GTS juga diklaim siap untuk perjalanan jarak jauh atau touring melintasi berbagai lokasi menakjubkan di Indonesia.

Atas dasar tersebut, waktunya KabarOto melakukan pengujian dengan lokasi Darajat Pass, Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Sisi eksterior Vespa GTS 2023 dilengkapi lampu LED, mulai dari lampu daytime running light (DRL), lampu penunjuk arah di bagian depan, lampu utama serta kluster di bagian belakang.

Sayangnya, fokus atau leveling pendaran sinar lampu baru tersebut tergolong terlalu 'menyorot' mata pengendara lain, dari spion maupun lawan arah, sehingga cenderung mengganggu pandangan pengendara lainnya. Solusinya bisa disetel agar lebih rendah atau serahkan saja pada ahlinya yakni bengkel.

Tidak hanya itu, lampu penunjuk arah LED di bagian belakang juga mengalami perubahan ukuran. Jajaran Vespa GTS baru kini semakin terlihat rapi, mulai dari bagian depan kendaraan, kemudi didesain ulang dengan ujung yang lebih kecil, begitu pula dengan kaca spion yang baru. MIA Vespa pun hadir sebagai aplikasi yang memungkinkan motor terkoneksi dengan smartphone untuk notifikasi dan lainnya.

Baca Juga: Profil Dan Galeri New Vespa GTS 2023 Yang Baru Diluncurkan

Kaki-kakinya dilengkapi pelek multipalang berwarna abu-abu dengan grafis dan berbagai detail hitam. Detail pada kemudi serta sentuhan tampilan karbon dengan dekorasi oranye. Jok hitam juga menonjol dengan motif horizontal, didapat dengan teknik heat-seal dan jahitan oranye neon yang kontras.

Asyiknya, kunci kontak manual sudah ditinggalkan untuk model terbaru GTS, gantinya adalah keyfob dan knob keyless sebagai fitur terbaru ketiga model GTS terbaru itu. Tombol pada keyfob bergambar motor fungsinya sebagai bike finder atau semacam answer back system, memudahkan mencari posisi motor ketika di parkiran.

Tombol kedua yang gambar kunci fungsinya unik, untuk membuka jok dari jarak jauh, bisa sampai 50 meter. Ketika baterai remote habis, pengendara tetap bisa menghidupkan motor, cukup dengan menempelkan remote pada panel di bawah setang kiri dengan lambang sinyal.

Skutik seharga Rp 84,5 juta ini menggendong mesin i-Get 1 silinder berkapasitas 155 cc. Meski secara spesifikasi mirip dengan mesin Primavera dan Sprint, namun nyatanya dapur pacu Super Sport memiliki tenaga lebih tinggi 4 dk dilengkapi 4 klep yang membantu agar performa tipe big body Vespa itu lebih baik.

GTS 150 terbaru ini memiliki tenaga maksimal mencapai 15,4 dk di putaran mesin 8.250 rpm dengan torsi maksimal 15 Nm di 6.500 rpm. Sementara GTS 150 versi lama hanya 14,5 dk di 8.250 rpm dan 13,5 Nm di 6.750 rpm. Ubahan ada di bagian ECU yang ditambah komponen Injector Load Relay, yang mengatur arus ke injektor, koil, lambda sensor dan fuel pump, profil kem baik lift maupun durasi juga ada ubahan.

Baca Juga: Minat Touring Antar Benua Pakai Vespa Klasik? Ini Resepnya

Ada teknologi Anti Slip Regulation (ASR) atau umum dikenal dengan Traction Control (TC) disematkan pada GTS yang bermesin 150 cc, yang sebelumnya hanya tersedia untuk GTS 300 Supertech HPE. Ketika diaktifkan, buka gas besar saat melibas speed trap, mesin terasa ‘brebet’ dan logo ASR berkedip, hal itu dikarenakan tenaga mesin diputus sesaat agar roda belakang tidak selip dan membuat rider jadi lebih aman.

Vespa menambahkan tombol khusus di panel sakelar setang kiri, yaitu joy stick menemani tombol lampu jauh-dekat berikut dim, sein dan klakson. Sedangkan setang kanan juga ada tombol baru, yaitu untuk pembuka jok yang tadinya ada di dekat kontak.

Uniknya, di bagian kaki-kaki depan kini sudah tak menggunakan sistem as ayun seperti tipe-tipe sebelumnya, digantikan fitur anti-dive yang memungkinkan skutik bongsor ini dapat dikontrol dengan lebih mudah. Namun, rasanya memang sedikit lebih rigid ketimbang menggunakan model lawasnya.

Tak ada masalah signifikan selama menempuh perjalanan Tangerang Selatan - Garut, tenaga cukup melimpah untuk ukuran big body Vespa, diikuti revisi handling berkat fitur baru anti-dive system dan posisi riding yang nyaman. Jadi, apa Sobat tertarik untuk meminang skutik bongsor ini?

Properti PT Piaggio Indonesia
Rute uji Pamulang Tangerang Selatan - Garut Jawa Barat - Pamulang Tangerang Selatan
Konsumsi bbm 41,1 kpl
Tinggi jok 790 mm
Jarak sumbu roda 1.385 mm
Tipe mesin i-get, single cylinder, 4 stroke, 4 valves with start & stop system
Pendinginan cairan
Kapasitas 155 cc
Tenaga maksimal 15,4 dk @ 8.250 rpm
Torsi maksimal 15 Nm @ 6.500 rpm
Transmisi CVT
Suspensi depan Single arm with helical spring and single hydraulic shock absorber
Suspensi belakang Double hydraulic shock absorber with preload adjustable on 4 positions
Rem depan Cakram 220 mm kaliper 2 piston + ABS
Rem belakang Cakram 220 mm kaliper 1 piston + ABS
Roda depan 120/70-12
Roda belakang 130/70-12
Harga Rp 84,55 juta

Berita Terkait

Berita Terkait