Test Ride Yamaha Grand Filano: Skutik Klasik, Irit Dan Praktis

Test Ride Yamaha Grand Filano: Skutik Klasik, Irit dan Praktis Test ride Yamaha Grand Filano (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Kesan pertama menggunakan Yamaha Grand Filano untuk kegiatan sehari-hari adalah memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Sebab, skutik ini memiliki fungsionalitas yang baik bagi pemiliknya.

Dalam test ride yang dilakukan Kabaroto kali ini, kami melakukan perjalanan sehari-hari, seperti pergi ke kantor, mengantar anak sekolah hingga sesekali melakukan perjalanan dengan rute yang cukup jauh.

Sebelum menjelaskan bagaimana impresi berkendaranya, simak dulu bagaimana desain dari Yamaha Grand Filano yang beberapa kali dapat perhatian dari pengguna jalan lain.

Baca Juga: Yamaha Vinoora 125, Skutik Imut Dibanderol Rp34 Jutaan

Desain klasik, mirip dengan skutik Eropa

Yamaha Grand Filano memiliki desain klasik

Tidak bisa dipungkiri, desain klasik pada Yamaha Grand Filano mengarah pada skutik-skutik retro yang dipasarkan di Eropa. Garis bodi dibuat melengkung tanpa garis tajam, memperkuat kesan class. Bentuk lampu utama berbentuk diamont shape, senada dengan desain spidometer.

Terdapat sepasang lampu sein LED tipis menyatu dengan bodi, mengapit lampu DRL dalam cover plastik hitam dan terlihat seperti dasi. Bagian belakangnya terdapat lampu rem lonjong dipadukan DRL memanjang di bagian tengah, lalu diapit lampu sein berbentuk seperti garis.

Lampu depan LED, dipadukan sein model garis

Body Yamaha Grand Filano dibuat polos, tanpa sentuhan striping membuatnya terlihat elegan dengan sentuhan tipe cat matte maupun glossy.

Desain yang ditawarkan Yamaha pada skutik klasiknya ini membuat beberapa orang melirik, dan menanyakan motor merek apa? Wajar saja, desain ini terbilang baru untuk sepeda motor Yamaha.

Baca Juga: SC-Project Luncurkan Slip-on CR-T Untuk Yamaha MT-10

Menawarkan kepraktisan

Salah satu keunggulan dari Yamaha Grand Filano adalah fitur-fitur kepraktisan yang membuat pengendaranya bisa membawa banyak barang, seperti helm, jas hujan, hingga barang belanjaan.

Spidometer full digital, dilengkapi konsumsi BBM dan indikator penggerak hybrid

Kepraktisan utama ada pada bagasi di bawah jok yang menawarkan kapasitas 27 liter. Ini memungkinkan menyimpan helm half face dan jas hujan sekaligus. Bukan hanya itu, bagasi ini juga dilengkapi lampu LED, yang berguna sebagai pencahayaan saat kondisi gelap.

Kemudian ada area dek pijakan kaki pengendara yang juga bisa menampung barang belanjaan maupun tas. Bagian ini juga dilengkapi dengan pengait, agar barang tidak mudah jatuh. masih di area yang sama, terdapat juga tempat menyimpan botol berukuran sedang.

Baca Juga: Simulasi Pengisian Daya Baterai Smartphone Di Yamaha Grand Filano

Dilengkapi dengan fitur electric power socket

Yamaha Grand Filano dilengkapi dengan fitur electric power socket. Fitur ini berguna untuk pengisian daya baterai smartphone selama melakukan perjalanan.

Fitur electric power socket pada Yamaha Grand Filano memiliki daya 12 watt. Untuk membuktikan seberapa efektifnya fitur ini, KabarOto mencoba melakukan simulasi pengisian daya baterai smartphone selama 30 menit perjalanan. Hasilnya, daya baterai smartphone terisi sebanyak 14 persen.

Untuk melakukan pengisian daya ini, KabarOto menyiapkan socket tambahan. Sebab, fitur electric power socket pada Yamaha Grand Filano bukan yang tipe langsung colok kabel data. Kemudian kabel data juga diperlukan untuk pengisian daya, dalam hal ini menggunakan kabel data bawaan dari smarphone android.

Bagasi mampu menampung helm half face

Baca Juga: Ini Biaya Perawatan Yamaha Grand Filano Hybrid - Connected