POPULAR STORIES

Thermostat Mobil, Memiliki Fungsi Penting Untuk Menjaga Suhu Mesin

Thermostat Mobil, Memiliki Fungsi Penting untuk Menjaga Suhu Mesin Thermostat memiliki fungsi penting untuk kendalikan suhu mobil. (Foto: Toyota)

KabarOto.com - Thermostat adalah komponen yang sangat penting pada sistem pendingin mobil. Sebagai komponen yang berfungsi untuk pengatur suhu, thermostat mampu mencegah suhu tinggi berlebihan (overheat) dan menjaga kestabilan suhu mesin.

Fungsi Thermostat pada Mobil

Melansir Dubizzle, fungsi thermostat mobil adalah untuk mengatur cairan pendingin yang ada pada mesin mobil. Sebagai sistem pendingin, thermostat mampu mencegah suhu tinggi berlebihan dan menjaga kestabilan suhu mesin. Thermostat dapat melakukan tugas dalam waktu yang sangat cepat, karena tingginya perputaran komponen mobil berpengaruh pada peningkatan suhu di mobil.

Cara Kerja Thermostat Mobil

Thermostat pada mobil berfungsi sebagai katup buka-tutup aliran air dari radiator yang masuk ke ruang mesin untuk mendinginkan suhu mesin. Thermostat akan membuka aliran cairan dari mesin ke radiator jika mesin sudah mencapai suhu panas yang ditentukan, sehingga mesin dapat menjaga suhu ideal. Namun, thermostat akan menutup ketika suhu ideal belum tercapai, seperti saat mesin mobil baru dinyalakan.

Thersmostat dan fungsinya
Thermostat juga bisa mengalami kerusakan. (Foto: Suzuki)

Dua Jenis Thermostat Mobil

Thermostat pada mobil terdiri dari dua jenis katup logam otomatis, yaitu katup buka dan katup tutup. Katup buka dan tutup thermostat mobil dapat mengendalikan air panas pada ruang mesin dengan air dingin yang ada pada radiator.

Baca Juga: Mengatasi Overheat pada Mobil: Tanda, Penyebab, dan Solusinya

Cara Merawat Thermostat Mobil

Perawatan thermostat mobil pun perlu dilakukan agar komponen ini dapat bekerja secara maksimal. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah cairan pendingin pada tangki cadangan tetap cukup, serta cairan radiator yang dipakai harus sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

Kisaran Harga Thermostat Mobil

Harga thermostat mobil cukup beragam, tergantung dari jenis dan kualitas komponen tersebut. Jika Anda membeli dengan kualitas asli atau original, harganya antara Rp180 ribu hingga Rp400 ribuan. Sementara itu, harga thermostat kw sekitar Rp60 ribu hingga Rp90 ribu.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Lampu Check Engine yang Menyala, Usaha Dulu Jangan Panik

Ukuran Thermostat Mobil

Ukuran thermostat yang kecil ternyata mampu memberikan dampak yang cukup besar pada mobil. Oleh sebab itu, keberadaan fungsi thermostat yang sangat penting akan menyebabkan dampak buruk apabila Sobat melepasnya dari mobil.

Tanda Thermostat Mobil Sudah Rusak

Tanda kerusakan thermostat pada mobil adalah ketika mesin mobil terlalu panas dan tidak dapat bekerja dengan baik. Hal ini bisa disebabkan oleh komponen thermostat yang rusak atau tidak bekerja sebagaimana harusnya.

Baca Juga: Tips Mengatasi Gejala Umum Masalah Transmisi Mobil yang Sering Diabaikan

Cara Memperbaiki Thermostat Mobil

Cara memperbaiki thermostat pada mobil adalah dengan memastikan bahwa cairan pendingin pada tangki cadangan tetap cukup dan cairan radiator yang dipakai sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Jika komponen ini rusak, maka harus diganti dengan komponen yang baru dan sesuai dengan spesifikasi mobil.