POPULAR STORIES

5 Tips Atasi Lampu Check Engine Yang Menyala, Usaha Dulu Jangan Panik

5 Tips Atasi Lampu Check Engine yang Menyala, Usaha Dulu Jangan Panik Jangan abaikan lampu check engine yang menyala. (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Lampu check engine menyala? Tanda adanya sesuatu pada mobil Sobat. Lampu check engine yang menyala pada panel instrumen kendaraan muncul untuk memberi tahu pengemudi bahwa sistem diagnostik onboard (OBD) telah mendeteksi masalah pada mobil.

Ketika lampu ini menyala, itu menunjukkan bahwa ada kerusakan atau masalah yang perlu segera diperiksa dan diperbaiki. Biasanya masalah tersebut bersumber dari kegagalan sistem mesin dan sensor yang rusak

Melansir Mechanicbase, KabarOto akan membahas cara mereset lampu check engine, pentingnya memperbaiki dan melakukan reset tanpa perlu alat khusus.

Pentingnya Memperbaiki Masalah Sebelum Reset

Sobat jangan mengabaikan Lampu Peringatan Mesin karena itu bisa menandakan adanya masalah serius pada kendaraan. Membiarkan masalah tidak teratasi dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang dan bahkan masalah legal seperti tidak lulus pemeriksaan keselamatan atau uji emisi.

Lampu Check Engine Menyala

Selain itu, lampu peringatan juga bisa menjadi indikator adanya masalah lain yang mungkin tidak disadari.

Baca Juga: Apa Itu Kabel Canbus? Fungsi, Kualitas, dan Tips Memilihnya untuk Head Unit Mobil

Cara Reset Lampu Peringatan Mesin

1. Gunakan Scanner OBD2

Dengan scanner yang kompatibel, Sobat bisa mereset lampu peringatan dalam hitungan detik. Hubungkan scanner ke port OBD2 di mobil, baca kode kesalahan, dan hapusnya dengan tombol yang sesuai.

2. Teknik Pemutusan Baterai

Sobat bisa mencoba melepas terminal negatif baterai untuk beberapa saat agar bisa mengatur ulang unit kendali mesin. Cara ini berlaku di sebagian besar kendaraan modern. Namun, perlu diingat bahwa ini juga bisa menghapus beberapa pengaturan mobil.

3. Menghidupkan dan Mematikan Pengapian

Dengan menghidupkan dan mematikan kunci kontak beberapa kali, lampu peringatan mungkin bisa dimatikan. Setiap produsen memiliki langkah yang berbeda untuk metode ini.

Baca Juga: 5 Tips Tersembunyi untuk Memperpanjang Umur Transmisi Mobil Matik

4. Kendarai Mobil dan Biarkan Mati Sendiri

Kadang-kadang, lampu peringatan akan mati setelah mobil digunakan beberapa waktu. Jika masalahnya sudah diperbaiki, sistem akan mendeteksinya dan mematikan lampu.

Lampu Check Engine Menyala

Tapi, proses ini memerlukan waktu Sob! Tergantung pada apa yang salah, mungkin diperlukan waktu beberapa hari sebelum perbaikan. Contohnya, jika Sobat memperbaiki masalah pada sensor oksigen, kode tidak akan direset sampai ECU menentukan bahwa kesalahan telah diperbaiki.

5. Mencabut Sekring

Metode ini hanya cocok untuk mobil tua dan bisa dilakukan dengan menarik sekring yang sesuai dengan Unit Kontrol Mesin.

Baca Juga: Mengatasi Overheat pada Mobil: Tanda, Penyebab, dan Solusinya

Apa yang Terjadi Jika Masalah Lampu Check Engine Diabaikan?

1. Kerusakan Jangka Panjang

Hal yang paling menakutkan adalah terjadinya kerusakan jangka panjang. Hal ini rentan terjadi Sob karena mesin, transmisi, atau sistem penting lainnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

2. Kondisi Mobil Tidak Aman

Masalah pada mobil akan sulit diprediksi, terlebih jika terus-menerus dipaksakan jalan. Risiko semakin besar dan tidak sedikit membahayakan keselamatan.

3. Memungkinkan Gagal Uji Emisi

Kendaraan Sobat mungkin gagal dalam uji emisi. Mobil mungkin menggunakan lebih banyak bahan bakar jika mesinnya tidak bekerja dengan baik.

Baca Juga: Jangan Sembarang Pilih Filter Oli Mesin untuk Mobil, Ini 5 Tipsnya