POPULAR STORIES

Darurat, Yuk Belajar Sambung Kabel Kelistrikan Kendaraan Sendiri Pakai Solder

Darurat, Yuk Belajar Sambung Kabel Kelistrikan Kendaraan Sendiri Pakai Solder Kabel Kelistrikan Kendaraan (Kipli)

KabarOto.com - Kelistrikan pada kendaraan memang jadi salah satu bagian penting dalam optimalnya kinerja dan performa mesin. Jika salah satu kabel ada yang putus, maka kemungkinan besar ada parts yang terganggu kinerjanya yang menyebabkan kendaraan tidak bisa bekerja maksimal.

Tak sedikit pemilik bahkan mekanik pun harus menerka kabel-kabel dalam jumlah banyak di satu kendaraan untuk menemukan 'penyakit' yang menimpa kendaraan masing-masing. Nah, untuk itu ada baiknya belajar sedikit ilmu menyambungkan kabel yang terputus.

Jika terputus dari sambungan, cara darurat yang paling mudah adalah dengan mengelupas rumah kabel hingga terlihat serabut tembaga. Jika kasusnya demikian, maka tinggal sambungkan dan beri isolasi hitam untung merekatkan sementara. Ingat, bahwa ini adalah cara darurat dan tidak untuk dipakai selamanya, hanya ketika Sobat menemukan bengkel dan ganti kabel dengan utuh untuk cegah korsleting.

Baca Juga: Mengenal Teknik Pengelasan TIG dan MIG Pada Knalpot Kendaraan

gemuk atau pasta solder Lotfett

Namun bagaimana jika kasusnya terputus dari terminal atau PCB sirkuit. Contohnya, kabel sein yang putus dari saklar, Sobat bisa melakukan teknik solder sendiri. "Solder pun beragam harganya, mulai Rp 15 ribu sampai yang ratusan ribu rupiah ada semua. Kalau bisa beli yang lumayan bagus kualitasnya di harga Rp 70-80 ribuan itu sudah cukup," ujar Abdulah Rizky dari Jond Scooter Shop.

Hal lain yang perlu disiapkan adalah timah dan gemuk atau pasta solder. "Fungsinya untuk menyambungkan kabel ke terminal dengan mudah. Jangan lupa untuk menggunakan timah dengan kualitas terjamin, biasanya harga Rp 50 ribuan, untuk pastanya pakai yang Rp 40 ribuan," saran pria yang akrab dipanggil Kijoy itu.

Baca Juga: 3 Poin Penting Geber Motor di Sirkuit, Simak Tekniknya

Pertama, tuangkan pasta secukupnya untuk membantu perekatan antara solder, timah dan terminal. Nah, pria subur itu bilang, kalau pada proses ini, timah dengan kualitas baik akan mudah menyambung dengan sendirinya dengan solder yang sudah panas dan siap pakai.

Cukup dengan mendiamkannya dengan hitungan menit, maka timah pun akan mengeras dengan sendirinya, dan kabel menyatu dengan terminal sehingga kelistrikan kembali berfungsi secara normal. Selamat mencoba dan pastikan prosedurnya benar ya, Sobat!