POPULAR STORIES

Tips Touring Motor Akhir Pekan Supaya Nyaman Hingga Pulang

Tips Touring Motor Akhir Pekan Supaya Nyaman Hingga Pulang Tips Touring Motor Akhir Pekan Supaya Nyaman Hingga Pulang (Kipli)

KabarOto.com - Touring akhir pekan menggunakan sepeda motor kian digemari oleh para bikers. Selain karena efisien dan hemat, touring di atas kuda besi diyakini bisa menyegarkan pikiran setelah penat melakukan aktivitas sehari-hari.

"Pastikan sepeda motor dalam kondisi baik caranya adalah dengan melakukan perawatan dan servis rutin sebelum perjalanan. Perawatan yang dilakukan dapat berupa pemeriksaan, setel, bersihkan, lumasi untuk komponen tertentu, dan apabila diperlukan lakukan penggantian untuk suku cadang apabila sudah sampai ke batas servis. Hal yang paling vital adalah Periksa rem, lampu, ban, oli mesin, rantai, untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik," wanti Ade Rohman selaku Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora.

Ia memastikan, sebelum melakukan perjalanan pastikan untuk membawa semua dokumen yang diperlukan, seperti SIM, STNK, dan kartu identitas diri. Pastikan juga asuransi kendaraan Sobat masih berlaku.

Pastikan untuk menggunakan perlengkapan keselamatan yang lengkap etika berkendara, seperti helm disarankan menggunakan tipe full face, jaket, jas hujan, sarung tangan, sepatu, dan perlengkapan pelindung lainnya.

Baca Juga: Peserta Touring Ducati We Ride As One ke Yogyakarta Dapat Diskon Parts 70 Persen

"Hal penting lainnya adalah mempelajari dan mencermati rute perjalanan, termasuk titik-titik istirahat, pom bensin, dan tempat peristirahatan. Hindari rute yang berisiko dan pastikan memilih rute yang aman dan nyaman," lanjutnya.

Bawalah barang-barang penting dan perlengkapan darurat, seperti alat perbaikan sederhana, obat-obatan, air minum, makanan ringan, dan pakaian cadangan. Pastikan beban di sepeda motor terdistribusi dengan baik untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas dan jangan membawa beban berlebihan karena akan membuat badan cepat Lelah.

"Jangan lupakan untuk menjadwalkan atau merencanakan waktu istirahat, termasuk berapa lama dan di titik mana saja. Karena pentingnya istirahat selama perjalanan untuk memulihkan tenaga yang terbuang. Anda dapat tiduran, meregangkan otot, dan menyegarkan diri. Hindari mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk," katanya.

Baca Juga: Usai Dipakai Touring, Bagian Motor Ini Wajib Dilakukan Pengecekan

Selalu berhati-hati dan waspada terhadap kendaraan lain, pejalan kaki, hewan, atau rintangan lainnya di sepanjang jalan. Perhatikan tanda-tanda lalu lintas dan patuhi aturan lalu lintas dengan ketat.

Pastikan Sobat memberi tahu orang terdekat tentang rincian perjalanan, termasuk rute yang akan diambil dan perkiraan waktu kedatangan. Bawa ponsel atau perangkat komunikasi lainnya untuk keperluan darurat seperti bluetooth maupun walkie talkie.

"Selalu patuhi aturan keselamatan berkendara dan hindari kecepatan berlebihan. Jaga jarak aman dengan kendaraan lain dan hindari manuver yang berisiko. Kondisi badan harus dalam keadaan sehat dan bugar sebelum melakukan perjalanan," tutupnya.