POPULAR STORIES

Tindakan Yang Bisa Dilakukan Untuk Cegah Kerusakan AC Mobil Sejak Dini

Tindakan yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Kerusakan AC Mobil Sejak Dini tindakan yang bisa dilakukan saat AC mobil bermasalah (Kipli)

KabarOto.com - Cuaca panas ekstrem belakangan kerap dirasakan sebagian masyarakat di Tanah Air. Kondisi ini berdampak ke pemilik mobil meski menggunakan AC (Air Conditioner). Mereka menganggap komponen penyejuk kabin tidak bekerja maksimal.

Nah, untuk membedakan apakah ada kendala pada komponen penunjang AC atau tidak caranya relatif mudah. Pengecekkan bisa dimulai dari pengecekkan temperatur suhu di dalam kabin ketika AC dinyalakan. Jika tidak dalam keadaan normal, maka dilanjutkan dengan pemeriksaan komponen lainnya.

“Jika terdapat perbedaan suhu yang mencolok, artinya ada komponen yang perlu diperiksa. Komponen yang dimaksud mulai dari Kompresor dan Evaporator yang perlu dilakukan pengecekkan berkala. Tujuannya agar AC berfungsi maksimal dan komponen tidak saling memberatkan,” ucap Mohan Kurniawan selaku Kepala Bengkel Astra Peugeot Surabaya.

Baca Juga: Ini Pentingnya Rawat AC Mobil Sebelum Kondisi Memburuk

Biasanya komponen pada AC mobil kurang maksimal saat cuaca panas, akibat dari extra fan yang berputar tidak maksimal. Seolah putaran extra fan mulai melemah hingga membuat proses kondensasi pada kondensor kurang maksimal. Alhasil temperatur suhu di dalam kabin masih terasa panas.

Putaran extra fan lemah pun membuat tekanan pada refrigerant menjadi lebih tinggi. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus bisa membuat refrigerant terbuang sedikit demi sedikit melalui seal sambungan pipa atau slang yang sudah tidak kuat menahan tekanan refrigerant. Tentu yang perlu dilakukan adalah dengan mengganti unit baru dari extra fan.

Baca Juga: Suku Cadang Mobil Yang Rentan Rusak Akibat Kemacetan Lalu Lintas

“Kondisi kompresor tidak bekerja secara maksimal, yang dapat didiagnosa dari bunyi tidak wajar pun bisa jadi penyebab proses pendinginan tidak sempurna. Apalagi kompresor yang bekerja secara terus-menerus dan alami kendala refrigerant bocor hingga membuat oli pelumas tidak cukup membuat komponen kompresor mudah panas dan cepat rusak,” imbuhnya.

Diagnosa lain penyebab AC mobil tidak maksimal bila kondisi Evaporator sudah sangat kotor. Kondisi ini bisa dirasakan melalui keluarnya angin AC yang kecil meski sudah disetel maksimal. Untuk melacaknya bisa dengan melihat kondisi filter AC yang memang sudah banyak kotoran yang menempel.

"Jika kondisi kompresor normal dan evaporator selalu tampak bersih, rasanya tidak akan ada lagi AC mobil dingin saat malam tapi panas di siang hari," tutupnya.