POPULAR STORIES

Ini Pentingnya Rawat AC Mobil Sebelum Kondisi Memburuk

Ini Pentingnya Rawat AC Mobil Sebelum Kondisi Memburuk Kipli

KabarOto.com - Perawatan teknis komponen kendaraan tertentu seperti AC mobil memang diperlukan agar kendaraan tetap bekerja dengan optimal ketika dipakai.

Merawatnya pun tak sulit, hanya dibutuhkan jadwal rutin pengecekan dan servis ringan saja agar kinerjanya tetap dalam kondisi prima, seperti yang dikatakan oleh Didik selaku Teknisi dari The House of Ravenol (THOR).

"Secara umum, lazimnya perawatan AC dilakukan secara rutin, seperti pengecekan dan flushing kompresor setiap 20 ribu km atau 1 tahun sekali," ujar pria yang bekerja di kawasan CBD Gading Serpong Ruko Paramount Dotcom, Tangerang.

Baca juga: Sering Diabaikan, Begini Cara Simpel Rawat Sliding Door Atau Pintu Geser Mobil

Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar kinerja komponen terpantau tetap baik dan kerusakan tidak menjalar ke part lainnya. "Kalau evaporator harus dilakukan 6 bulan sekali, karena lebih rentan terkena kotoran," tandasnya.

Langkah awal, Pria gempal itu mengatakan, mobil akan di cek terlebih dahulu. "Jadi dipantau dulu dengan pengecekan, lalu kita cek suhu dan tekanan AC-nya, baru kita lakukan flushing untuk mengetahui kondisi sebelum dan sesudah dilakukan tindakan," ujarnya.

kondisi evaporator berlendir karena minim perawatan rutin

Ia pun memberi contoh mobil dengan penyaringan udara di dalam evaporator yang sudah tidak baik. "Jadi seperti yang saya tunjukkan ini, kondisinya sudah parah, harus di bongkar sistem pendinginannya, karena sudah tertutup lendir dan kotoran," ujar pria berlogat Jawa Tengah tersebut.

Baca Juga: Masalah Dan Cara Perawatan Radiator Sepeda Motor, Yuk Simak

pengecekan suhu dan tekanan sebelum eksekusi flushing

Didik pun mengatakan, penyebab kerusakan AC diantaranya kelalaian pemilik kendaraan itu sendiri yang tak melakukan perawatan rutin. "Bisa bertahun-tahun tidak di servis. Karena oli kan membutuhkan sirkulasi, jadi bisa berkurang, hasilnya muncul suara-suara keausan dari kompresor dan lainnya," bebernya.

Ia pun menjabarkan patokan harga yang ditawarkan oleh bengkel tersebut, mulai dari Rp 450 ribu hingga Rp 900 ribu untuk pengerjaan servis dan flushing. Jangan sampai lalai merawat kendaraan ya, Sobat KabarOto!