Tindakan Yang Wajib Dilakukan Segera Setelah Mobil Terendam Banjir

Tindakan yang Wajib Dilakukan Segera Setelah Mobil Terendam Banjir Kipli/KO

KabarOto.com - Banjir yang melanda sebagian wilayah Jabodetabek akibat curah hujan yang tinggi beberapa saat lalu membuat mobil yang terendam banjir menjadi korbannya.

Terpantau bahwa beberapa daerah seperti kawasan Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan beberapa titik di Ciledug Tangerang sempat terendam banjir.

Sobat KabarOto bisa segera menangani kendaraan secara tepat pasca banjir. Hal tersebut disampaikan oleh Sokhimi selaku Technical Advisor Daihatsu Astrido Serpong ketika diwawancarai KabarOto di lokasi.

Baca juga: Program Wuling Siaga Banjir Ingin Berikan Rasa Aman Bagi Pelanggan Hingga Januari 2022

Ia menyarankan, untuk membedakan penanganan pada tiap jenis transmisi pada mobil agar meminimalisir kerusakan. "Mobil bertransmisi manual dan otomatis memiliki perlakuan yang berbeda," ujarnya.

Pria asal Jawa Tengah tersebut bilang, transmisi kendaraan manual bisa dibawa dengan cara ditarik atau dorong maupun towing. Sedangkan rata-rata mobil dengan transmisi kendaraan otomatis harus digendong untuk menghindari kerusakan karena tidak adanya pelumasan.

Baca juga: Platform E-GMP, Bikin Mobil Listrik Hyundai Aman Lewati Banjir

"Paling vital memastikan keadaan komponen mesin, misalnya karburator untuk kendaraan lawas, alternator, saringan udara, koil, dan kabel-kabel elektrikal harus dipastikan dalam keadan kering seluruhnya ketika ingin menyalakan mobil," jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan pentingnya mengganti oli mesin dan menguras tangki bahan bakar, saat terendam banjir, air mungkin saja masuk ke area melalui celah-celah yang ada di komponen itu.

"Perhatikan juga komponen kabin seperti karpet dasar, jok kursi, door trim, dan head lining. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari ruang mesin, kabin, bagasi, hingga saringan udara AC agar tidak menyebabkan penumpukan kotoran, jamur, aroma tidak sedap, dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin," tutupnya.