POPULAR STORIES

Tinggal Ditempel Di Mesin, Suzuki Ciptakan Alat Pembersih Sampah

Tinggal Ditempel di Mesin, Suzuki Ciptakan Alat Pembersih Sampah

KabarOto.com - Pihak Suzuki Indonesia menganggap sampah sudah lama menjadi masalah serius yang mengancam kerusakan ekosistem laut. Menurutnya, salah satu jenis sampah yang perlu diwaspadai saat ini adalah plastik mikro yang bisa sangat membahayakan.

Berangkat dari Suzuki Clean Ocean Project yang merupakan gerakan peduli lingkungan laut yang sudah berjalan 10 tahun, Suzuki Marine berinisiatif menciptakan alat pengumpul plastik mikro pertama di dunia yang dapat dipasang di mesin tempel.

“Fakta bahwa Indonesia adalah salah satu negara penyumbang sampah terbesar di dunia, kami membuat inovasi dengan mengembangkan sebuah alat yang dapat mengumpulkan plastik mikro di lautan,” terang Kensuke Ikeda, Departement Head of Suzuki Marine PT Suzuki Indomobil Sales.

Baca Juga: Suzuki Karimun Wagon R Special Edition Melantai Di Indonesia Modification Expo 2020?

Alat ini terpasang ke mesin tempel dan diklaim tidak mempengaruhi kinerja mesin sama sekali. Di saat yang bersamaan, alat ini mampu menyedot plastik-plastik kecil yang ada di jalur kapal

Saat mesin dihidupkan dan kapal melaju, mesin tempel akan memompa air laut untuk mendinginkan mesin. Air laut tersebut akan melewati saringan yang ada di dalam alat pengumpul plastik mikro, sehingga mampu menyaring sampah dan membersihkan air yang akan mengalir kembali ke laut.

Diproduksi di Jepang, alat ini dikembangkan untuk dapat mengumpulkan limbah plastik mikro di sekitar permukaan laut hanya dengan menyalakan mesin kapal.

Melalui berbagai penelitian yang dilakukan serta komitmen dalam membersihkan limbah laut melalui gerakan Suzuki Clean Ocean Project, Suzuki mengembangkan alat ini dengan melakukan uji coba di 4 lokasi di Jepang yaitu Danau Hamana, Mikawa Mito, Kumamoto, dan Toyama, serta 3 negara lain yaitu Cina, Filipina, dan juga Indonesia.