POPULAR STORIES

Tingkatkan Pelayanan, Pertamina Lakukan Digitalisasi

Tingkatkan Pelayanan, Pertamina Lakukan Digitalisasi SPBU Pertamina (KO)

KabarOto.com - Pertamina terus berinovasi. Perusahan minyak pelat merah ini akan mengakukan digitalisasi di semua aspek dan bisninya. Baik dari hulu maupun hilir. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati berulang kali menyebutkan, digitalisasi bagi Pertamina merupakan kewajiban atau keharusan yang tidak boleh dibantah.

“Yang perlu ditekankan adalah pentingnya digitalisasi. Digitalisasi wajib hukumnya untuk kita (Pertamina). Kita tahu bahwa perubahan ini terjadi secara continue dan semakin cepat. Betapa banyaknya hal yang harus kita kejar karena ada disruption. Kita menerjemahkan disruption sebagai hal yang mengganggu, tetapi ada juga yang melihat bahwa ini bukan disruption. Itu semua yang membedakan adalah digitalisasi,” tegas Nicke dalam keterangan resminya.

pembayaran non tunai

Ia menyebutkan sebagai contoh digitalisasi SPBU dari sisi hubungan Pertamina dengan pelanggan. Digitalisasi pada SPBU bukan hanya sekadar mempercepat dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, namun dari digitalisasi tersebut Pertamina akan memiliki data pelanggan. Dari data tersebut nantinya dapat dianalisis seberapa kebutuhan yang diperlukan pelanggan terhadap SPBU di berbagai daerah.

“Selama ini kita hanya berhenti di SPBU sekadar memberikan suplai pasokan BBM. Kita tidak tahu kalangan apa yang datang ke SPBU, jam berapa biasanya ramai, kita belum memahami perilaku costumer daerah tersebut, kemana saja mereka pergi, menggunakan mobil apa? Sehingga mereka memerlukan BBM seberapa banyak. Karena data kita belum terjangkau langsung ke SPBU,” jelasnya.

Baca Juga: Wah... Generasi Tebaru Jaguar F-Type Pakai Mesin BMW M5

Jika Pertamina sudah menguasai data-data pelanggan, dengan begitu banyak juga keuntungan yang diraih dari digitalisasi ini. Selain itu, dengan digitalisasi perusahaan ini diharapkan mampu menyelesaikan masalahnya dengan baik.

“Kalau kita sudah menguasai itu semua begitu banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan kalau kita punya data pelanggan. Kita harapkan digitalisasi kita akan lebih cepat. Digitalisasi adalah syarat untuk berkompetisi dengan perusahaan lain. Setelah digitalisasi kita akan mulai inovasi. Jika kita berinovasi maka akan lebih banyak lagi yang kita lakukan, dan mencari solusi,” katanya.

Sebelumnya Pertamina dan Bank Rakyat Indonesia telah mensosialisasikan, tentang keunggulan dari transaksi digital bagi bisnis SPBU mengggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) dari BRI. Melalui transaksi cashless ini, diharapkan akan mempermudah konsumen SPBU dalam melakukan pembelian di SPBU Pertamina.