POPULAR STORIES

Wah... Generasi Tebaru Jaguar F-Type Pakai Mesin BMW M5

Wah... Generasi Tebaru Jaguar F-Type Pakai Mesin BMW M5 Jaguar F-Type (ist)

KabarOto.com - Produsen mobil eksotis asal Inggris, Jaguar, dikabarkan tengah menyiapkan generasi terbaru dari model F-Type. Jaguar mengatakan, bahwa F-Type yang pertama kali diluncurkan tahun 2013 tersebut sudah saatnya untuk berganti model.

Namun ternyata tidak hanya modelnya saja yang berubah, karena menurut rumor yang beredar, mobil yang akan diluncurkan 2020 mendatang tersebut akan menggunakan mesin V8 baru yang didatangkan dari BMW.

Baca Juga: Profil Jaguar F-Type

Jaguar F-Type 2020 concept

Saat ini, sebenarnya Jaguar sudah punya mesin V8 5.0 Liter supercharge yang menjadi ciri khasnya. Namun, teknologi mesin tersebut dianggap sudah terlalu tua.

Sehingga menghasilkan banyak polusi dan tidak efisien dalam konsumsi bahan bakar, meskipun suara yang dihasilkan sangat memanjakan indra pendengaran.

Masalahnya, seperti dilansir dari BMWBlog (18/10/2018) untuk mengembangkan mesin baru, Jaguar Land Rover memiliki dana yang terbatas. Sehingga rencana untuk membeli mesin langsung dari BMW merupakan pilihan yang dianggap tepat.

Mesin S63 BMW

Jaguar sepertinya akan menunjuk mesin S63, V8 4.4 Liter yang saat ini digunakan oleh BMW M5. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 625 dk.

Meski tenaganya besar, namun mesin tersebut cukup efisien dan rendah emisi, sehingga dianggap dapat menjadi solusi atas masalah yang sedang dihadapi Jaguar.

Baca Juga: Asal Mula Sebutan Godzilla Pada Nissan GT-R

Mesin V8 BMW ini juga diharapkan menjadi sumber tenaga model Jaguar lainnya, serta Range Rover varian tertinggi di masa depan. Selain menghasilkan peningkatan efisiensi bahan bakar, mesin BMW ini juga dipercaya akan menambah performa F-Type, dibanding menggunakan mesin sebelumnya yang dibuat oleh produsen mobil asal Amerika, Ford.

Sebelumnya, Head of Design Jaguar, Callum, ingin F-Type menggunakan posisi mesin mid-engine. Namun sepertinya rencana itu akan berubah, dan mobil sport tersebut akan terus menggunakan tata letak front-engine.

Jaguar F-Type 2020 juga tampaknya akan coba merebut pasar Porsche 911. Dengan menawarkan keunggulan tambahan 2 kursi lagi pada bagian belakang, dalam versi coupe.

Saat ini, F-Type dibanderol di tengah- tengah harga antara 718 Cayman dan 911. Selain F-Type, kabar lainnya adalah Jaguar sedang mengerjakan mobil listrik yang meluncur sebelum 2023 dengan tenaga 201 dk.

Baca Juga: Mengenal Silsilah Mobil Lamborghini Sekarang

POPULAR STORIES

HOT