Asal Mula Sebutan Godzilla Pada Nissan GT-R

Asal Mula Sebutan Godzilla Pada Nissan GT-R Foto: gtrnissanskyline.com

KabarOto.com – Nissan GT-R sebagai salah satu ikon JDM yang terkenal, sudah menjadi mobil impian bagi para pecinta mobil saat ini. Pun, mobil favorit Brian O’Connor ini sudah sering muncul dalam film Fast and Furious.

Sedan kencang ini memiliki julukan yang keren di kalangan pecinta otomotif sejak dulu, nama julukannya adalah ‘Godzilla. Nah, dari mana sebutan ini muncul?

Pertama mesti kenal dulu dengan Godzilla.

Godzilla/Gojira adalah nama dari monster fiksi Jepang berbentuk kadal raksasa, memiliki duri berbentuk trisula, yang punya kekuatan semburan sinar panas dari mulutnya.

Baca Juga: Nissan Skyline GTS-T R33 1996 - Transplantasi Total Ke Versi GT-R

Lalu kenapa Nissan GT-R dapat diberi julukan tersebut? Awal mula nama ‘Godzilla’ melekat pada Nissan GT-R adalah pada saat Nissan Skyline GT-R dengan kode bodi R32.

Berawal sekitar tahun 1989, Australia menjadi negara pertama dimana Nissan GT-R diekspor. Saat itu, yang masuk ke Australia adalah Nissan Skyline GT-R R32, dengan mesin RB26-DETT, kapasitas 2.600 cc, twin-turbo, 6 silinder segaris.

Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga 276 dk dan torsi 361 Nm. Yang disambung ke transmisi manual 5 percepatan dan R32 sudah mengadopsi sistem penggerak elektronik AWD.

Baca Juga: Evolusi Mesin V8, Dari Produksi Masal Hingga Ke Balap