POPULAR STORIES

Tips Agar Mobil Aman Dari Pencuri Selama Di Rumah Aja

Tips Agar Mobil Aman dari Pencuri Selama di Rumah Aja Mobil berada di garasi rumah belum tentu aman

KabarOto.com - Selain soal virus Corona yang menyebar di beberapa wilayah Indonesia, Bangsa ini juga sedang dihebohkan dengan maraknya berita pencurian kendaraan bermotor. Nah, bagi Anda yang berada di rumah saja, mungkin banyak hal yang diperhatikan untuk menjaga kendaraan bermotor seperti mobil agar aman dan terbebas dari ancaman maling.

Asuransi Garda Oto berbagi tiips agar mobil kesayangan Anda lebih aman walau hanya #diRumahAja.

1. Parkirkan mobil di tempat yang aman
Banyak orang beranggapan, memarkir mobil di rumah jauh lebih aman daripada di tempat umum. Namun banyak kasus kasus pencuri yang berhasil mengambil mobil dari garasi rumah korban. Pastikan keamanan garasi dengan material pintu garasi yang kokoh dan lengkapi dengan kamera CCTV.

Baca Juga: Cek Sendiri Kondisi Mobil Saat Lama Diam Di Garasi, Ini Tips Dari Mitsubishi

Guunakan kunci tambahan agar kendaraan aman

Jika hendak berpergian, pilih tempat yang dekat dengan keramaian. Sebaiknya yang terpantau oleh kamera CCTV. Hindari untuk memilih tempat parkir yang sepi dan gelap karena akan rawan pencurian. Cara ini dapat meminimalisir peluang pencuri mencuri mobil Anda dan berhasil membawa kabur mobil Anda begitu saja.

2. Pasang alarm dan gunakan kunci tambahan
Alarm merupakan pelindung paling umum yang wajib dimiliki. Meski tak sedikit pencuri yang berhasil mengakali sistem alarm, namun alarm bekerja efektif dalam memperlambat aksi pencurian.

Ketika mobil dibuka paksa, secara otomatis alarm akan mengeluarkan suara nyaring yang dapat membuat pencuri panik. Alarm saja belum tentu cukup, terutama jika menghadapi pencuri zaman sekarang yang sudah profesional.

Parkir mobil di tempat yang aman

Untuk menambah keamanan, gunakan kunci tambahan yang biasanya dipasang pada lingkar kemudi ataupun roda kendaraan. Kunci tambahan ini membuat mobil Anda akan tetap pada tempatnya, meskipun pencuri telah berhasil menyalakan mesin mobil.

3. Tidak meninggalkan barang berharga di mobil
Cara ini bertujuan untuk tidak mengundang perhatian pencuri mengambil atau merusak mobil Anda. Hindari untuk menyimpan banyak barang di dalam mobil. Jika terpaksa cobalah untuk menyembunyikan barang-barang Anda di tempat yang tidak terlihat langsung dari luar kaca mobil Anda.

4. Lakukan double-check
Sebelum meninggalkan mobil, lakukan pengecekan ulang. Pastikan jendela dan pintu sudah tertutup rapat semua dan alarm sudah dalam kondisi menyala. Meskipun terlihat merepotkan, tetapi dengan cara ini jika dilakukan setiap hendak meninggalkan mobil Anda, dapat menurunkan risiko kehilangan kendaraan.

Lakukan double check saat meininggalkan mobil meski di rumah

5. Gunakan GPS
GPS tracker sangat disarankan, karena alat ini berfungsi untuk melacak jejak kendaraan dan memantau posisi mobil Anda secara real time. Jika mobil Anda hilang, akan lebih mudah mengetahui posisi mobil.

Baca Juga: Medium Sedan Periode Maret 2020, Mazda3 Kurang Beruntung dari Honda Civic

6. Jangan Letakkan kunci mobil berdekatan dengan pintu masuk
Jika berada di rumah, jangan menaruh kunci mobil di dekat pintu masuk. Simpanlah kunci mobil pada tempat yang tak mudah dijangkau oleh pencuri, jika pencuri berhasil diam-diam memasuki rumah Anda.

7. Asuransikan mobil
Asuransi berfungsi untuk memberikan proteksi lebih pada mobil kesayangan Anda.