POPULAR STORIES

Tips Aman Meninggalkan Motor Di Rumah Selama Liburan Nataru

Tips Aman Meninggalkan Motor di Rumah Selama Liburan Nataru Motor keluaran terbaru sudah menggunakan keyyless, lebih aman (Foto: Yamaha)

KabarOto.com - Pencurian kendaraan bermotor kerap terjadi di beberapa daerah Indonesia. Untuk itu kita wajib waspada pada kejahatan yang merugikan ini.

Apalagi musim liburan seperti sekarang ini. Meninggalkan motor di rumah, pergi menggunakan mobil atau transportasi publik, seperti pesawat, kereta dan bus.

Baca Juga: Tips Memilih Lampu LED Untuk Mobil Atau Motor

Berikut ini, Yamaha DDS berikan beberapa tips agar terhindar dari pencurian saat meninggalkan motor di rumah selama liburan:

1. Gunakan fitur keamanan tambahan, karena semua tingkat keamanan motor pasti punya peluang dirusak. Tetaplah menggunakan kunci ganda di cakram, menggunakan alaram dan alat lainnya.

Gunakan kunci ganda di cakram (Foto: Yamaha)

2. Jangan taruh motor sembarangan, seperti luar pagar. Maling akan mengambil dengan mudah. Apalagi di daerah padat, biasanya warga sekitar malah kurang menghiraukan hal-hal di sekitar mereka.

3. Tinggalkan motor dalam keadaan setang terkunci. Selain itu, bisa juga ditambah dengan gembok pelek, dengan begitu maling akan berfikir untuk mengambilnya, karena waktu untuk membuka kunci semakin lama.

Untuk memaksimalkan keamanan, mengunci stang motor ke arah kanan. Meski tak sepenuhnya mencegah pencurian, tapi minimal bisa mempersulit usaha si pencuri. Karena mengunci stang ke kanan tidak memberikan banyak ruang kepada maling untuk membobolnya.

4. Menambahkan alarm yang masih menjadi salah satu indikator maling yang ampuh. Jika motor disentuh secara tidak sengaja atau secara sengaja, alarm akan memberikan signal dan membunyikan keras, membuat maling panik dan membuka peluang maling jadi ketahuan.

5. Jika motor ditinggal di rumah untuk waktu yang lama karena melakukan perjalanan jauh, bisa melepaskan beberapa komponen penggerak dari motor yang vital. Misalnya busi, ban, atau yang lainnya. Jika sudah dilepas, letakkan di tempat lain yang jauh dari motor.

Baca Juga: Jangan Sampai Celaka, Ini Tips Berkendara Sepeda Motor Di Cuaca Ekstrem

6. Gunakan keyless ignition system yang sekarang sudah menjadi fitur wajib pada motor baru. Sistem ini sangat bermanfaat untuk melindungi motor dari maling. Karena tak punya lubang kunci dan starter, tidak akan bisa menyala jika remote berada lebih dari 1 meter dari kuncinya, ini akan menyulitkan maling untuk menyalakan motor.