POPULAR STORIES

Tips Memilih Lampu LED Untuk Mobil Atau Motor

Tips Memilih Lampu LED untuk Mobil atau Motor Foto: RTD by Rayton Indonesia

KabarOto.com - Menggunakan lampu dengan teknologi LED tidak bisa sembarangan, harus tahu karakter lampu tersebut dan dampak ke pengguna kendaraan lain seperti apa. KabarOto akan coba memberikan tips memilih lampu LED yang tepat di mobil dan motor anda.

Disarankan untuk tidak asal pasang bohlam lampu LED mobil ataupun motor, Karena jika salah pilih produk abal-abal maka usia pakainya tidak akan awet. Keunggulan bohlam LED memang lebih terang, serta hemat energi. Sehingga tidak mengganggu sistem kelistrikan kendaraan.

"Hal ini penting, telebih untuk lampu depan. Sebaiknya pilih produk yang sudah jelas dan teruji kualitasnya. Pastikan mereknya telah dikenal luas dan memiliki distributor resmi di Indonesia seperti produk RTD by Rayton," ujar Tommy selaku National Sales Manager Rayton Indonesia.

Baca juga: Lampu Berteknologi LED, Bisa Rusak?

Lampu LED berkualitas memiliki garansi dan tahan lama

Bohlam LED bermerek terkenal umumnya telah melewati uji kualitas, sehingga dijamin memiliki durabilitas tinggi. Seperti halnya produk RTD by Rayton, yang telah lulus QC (Quality Control) dengan berbagai parameter pengujian ketat.

Selain itu bohlam LED biasanya dibekali relay, heat sink, ataupun kipas agar bohlam LED tidak mudah panas. Alhasil umur pakainya bisa lebih tahan lama.

Untuk kenyamanan saat digunakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilah produk LED tersebut:

  • Pastikan pilih bohlam lampu LED yang sinarnya terfokus dan tidak melebar

  • Pastikan pula bohlam LED tak mudah mati ketika terkena goncangan.

  • Sesuaikan temperatur warna bohlam LED. Semisal kegunaannya untuk lampu utama, lampu senja, lampu dim atau buat lampu kabut. Tujuannya agar tidak menyilaukan dan membahayakan pengendara lain. Sebaiknya pilih temperatur 4.300K (Kelvin) berwarna putih kekuningan. Atau temperatur 6.000K berkelir putih bening.

Baca juga: LED Dan HID Masih Jadi Tren Lampu Favorit Diluar Jabodetabek

  • Untuk lampu dim, temperatur yang disarankan adalah 4.300K, tidak membuat silau pengendara lain dari arah berlawanan. Adapun untuk lampu kabut dianjurkan pakai temperatur 2.800 - 3.000K berwarna kuning keemasan, atau bisa pakai 4.300K berwarna putih kekuningan agar sorotannya sanggup menembus derasnya hujan dan kabut.

  • Pastikan bohlam lampu LED yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan dirancang sesuai kebutuhan kendaraan

Namun paling penting adalah soal garansi atau aftersales produk, “Jadi, konsumen tidak perlu khawatir terhadap garansi, garansi resmi dari Rayton Indonesia melalui distributor kami, dan garansinya dimulai sejak pemasangan awal," pungkas Tommy.