POPULAR STORIES

Lampu Berteknologi LED, Bisa Rusak?

Lampu Berteknologi LED, Bisa Rusak?

KabarOto.com – Mobil baru zaman sekarang sudah banyak yang meninggalkan teknologi lampu head lamp halogen biasa, dan mulai beralih ke Light-Emitting Diode atau LED. Teknologi LED sendiri punya beberapa kelebihan, seperti suhunya yang tidak terlalu panas, sehingga aman bagi mika lampu. Lalu warna dikeluarkan biasanya putih jadi terlihat eksklusif, dan umurnya jauh lebih lama ketimbang halogen.

Namun, ada yang membuat beberapa pemilik mobil yang memiliki headlamp bawaan LED bingung, pasalnya berbeda dengan sistem halogen, dimana jika rusak bisa diganti bohlamnya. LED punya sistem tersendiri, sehingga jika rusak harus mengganti lampu sebatok head lamp. Tentu hal ini bisa mengkhawatirkan owner karena harganya cukup mahal.

Tapi mengenai hal itu, tim KabarOto sempat berbincang dengan Rico selaku owner dari bengkel modifikasi spesialis lampu Shine Auto. Sebenarnya pemilik tidak perlu terlalu khawatir jika lampu LED bawaan cepat rusak, karena umur pakainya sangat awet.

Baca Juga : Lampu Projektor Mobil Kurang Fokus? Bisa Reparasi Di Sini, Sob!

“Semua lampu LED pasti ada umur pakai, kalau LED kan biasa kita lihat di iklan klaimnya ada yang bisa 20.000 – 30.000 jam. Itu biasanya kalau LED bawaan pabrik memang benar awet banget. Jarang sekali ada putus,” jelas pria ramah itu.

Tapi walau begitu, Rico juga menjelaskan bahwa tidak menutup kemungkinan suatu saat pasti akan putus namun jangka waktunya mungkin sangat lama, bisa hingga 6 sampai 7 tahun masih bertahan. “Pabrikan kan juga sudah menggunakan vendor lampu internasional, dari mulai tes produk, QC dan sebagainya terjamin,” tambah Rico.

Baca Juga : Ternyata Innova Reborn Bisa Pasang Cruise Control Dan Paddle Shift

Lalu bagaimana jika suatu saat rusak?

“Untuk sampai sekarang sih belum ada LED mengganti itu yah. Komponen LED-nya itu tidak ada. Biasanya orang mengakali dengan mengambil copotan asuransi supaya dapat digunakan ke head lamp bawaan,” paparnya.

Dengan kata lain, jika lampu head lamp LED bawaan rusak, ada benarnya harus diganti satu set batok lampu. Maka dari itu, hati-hati yah sob dalam penggunaan supaya lampu kalian awet.