POPULAR STORIES

Tips Berkendara Saat Puasa, Jaga Pola Tidur Dan Jangan Gampang Emosi

Tips Berkendara Saat Puasa, Jaga Pola Tidur dan Jangan Gampang Emosi Ilustrasi kondisi lalu lintas saat bulan puasa (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Berkendara saat berpuasa memang tidak terlalu berbeda dengan kondisi normal. Namun, pengendara perlu mengatur pola tidur dan jangan mudah emosi.

Untuk melakukan perjalanan sehari-hari yang harus diperhatikan, adalah pola tidur harus diatur, kemudian pola makan, mengakibatkan kelelahan yang tidak disadari. Ubahan tersebut berakibat pada stamina.

Baca Juga: Tips Memilih Cover Mobil, Jangan Asal Beli Sob

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, meskipun tidak terlalu signifikan, perubahan pola tersebut membuat seseorang gampang mengantuk. Selain itu, kondisi motorik juga menurun, membuat orang gampang emosi.

Ilustrasi mobil melaju

Biasanya rute perjalanan sehari-hari seperti ke kantor dilakukan pulang dan pergi, hal ini membuat seseorang merasa bosan dan juga harus mengantisipasi kondisi lalu lintas.

Baca Juga: Tips Nyaman Kendarai Motor Matik Di Kemacetan

“Rute seperti ini bisa menyebabkan pengendara mengalami penurunan motorik, sehingga berkurangnya respon atau lambat bereaksi dalam satu keadaan yang membahayakan,” jelas Jusri.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pengendara harus melatih sensor motorik, seperti mata dengan melihat ke kiri dan kanan, sekaligus menangkap objek-objek yang terlihat mata sekaligus memahaminya.

“Dalam kondisi puasa, respon sistem motorik terkadang menurun. Untuk itu, pengendara mobil harus memahami apa yang dilihat dan melakukan langkah antisipasi dan meningkatkan kewaspadaan,” tambah Jusri.