POPULAR STORIES

Tips Nyaman Kendarai Motor Matik Di Kemacetan

Tips Nyaman Kendarai Motor Matik di Kemacetan Macet terjasdi di sejumlah kota Indonesia, mengendarai motor matik sangat mudah di jalur tersebut (Foto: kemenhub)

KabarOto.com - Mengendarai motor listrik memang lebih mudh dari bebek atau sport. Hanya memutar tuas gas, dan menekan rem di kanan dan kiri. Itu yang membuat banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan motor ini untuk beraktivitas.

Apalagi saat macet, motor matik ini cukup bisa diandalkan, tanpa harus mengganti gigi, pengemudi bisa dengan mudah melintas di jalan raya.

Baca Juga: Perhatikan, Cara Mengendarai Motor Matik Di Tengah Kemacetan

Safety Riding Development Section Head, PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma memberikan tips nyaman mengendarai motor matik di kemacetan.

Mengendarai motor matik mudah dan nyaman (Foto: DAM)

Ada 7 poin postur berkendara yang harus diperhatikan, di antaranya :
1. Pandangan mata ke depan memprediksi potensi bahaya, perhatikan pergerakan dan sinyal dari tiga atau empat lebih kendaraan di depan.

2. Pundak rileks atau tidak kaku.

3. Sikut membentuk sudut sebagai peredam getaran dan gaya pegas saat penambahan kecepatan atau pengereman.

4. Tangan mengepal ringan atau rileks pada karet pedal gas, dan pastikan jari tangan tidak menarik handel rem ketika tidak dioperasikan.

5. Pinggul di posisikan pada tengah jok atau pinggul membuat duduk agak tegak, duduk tidak miring ke salah sari sisi jok, tidak terlalu belakang atau terlalu ke depan dari jok.

Baca Juga: Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merawat Sokbreker, Simak Tipsnya

6. Lutut atau betis untuk type matic & cub berada di dalam sayap motor hal ini untuk menghindari benturan dari arah depan & samping.

7. Ujung kaki menghadap ke depan , untuk matic di dalam dek atau sayap.