POPULAR STORIES

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merawat Sokbreker, Simak Tipsnya

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merawat Sokbreker, Simak Tipsnya Sokbreker mobil (Kipli/Kabaroto)

KabarOto.com - Sokbreker merupakan salah satu komponen penting mobil dalam meredam getaran. Selan itu, komponen ini bisa membantu pengemudi dalam mengendalikan mobil, termasuk memberikan kenyamanan kepada penumpang.

Berikut tips merawat sokbreker, supaya bekerja optimal dalam segala kondisi jalan, dan tak mudah rusak.

Melakukan akselerasi dan pengereman mendadak membuat sokbreker bekerja keras. Mengemudilah dengan halus dan tenang supaya komponen kaki-kaki mobil tetap awet dan bekerja optimal.

Baca Juga: OLX Autos Bagi-bagi Tips Di GIIAS 2022 Agar Harga Jual Mobil Tinggi

Periksa kondisi sokbreker mobil, seperti bagian per dan hidrolis serta oli. Termasuk karet pelindung, stoper, dan komponen karet lainnya di kaki-kaki mobil.

"Jangan sampai terdeteksi kebocoran dan korosi karena akan membuat strukturnya melemah. Itulah alasan membersihkan dan mencuci kaki-kaki mobil agar tidak timbul kotoran dan karat," terang Nur Imansyah Tara selaku Aftersales Business Division Head Auto2000.

Jangan sampai muatan mobil melebihi daya angkut yang telah ditentukan. Pasalnya, sokbreker memiliki batas beban maksimal yang sanggup ditopang.

Baca Juga: Masih Musim Hujan Dan Lembab, Pecinta Helm Wajib Simak Tips Ini

Sokbreker mobil akan mengalami kebocoran dan berujung rusak kalau mobil dipaksakan overload. "Kelebihan muatan bakal membuat mobil sulit dikendalikan dan sangat berbahaya di kecepatan tinggi," tandasnya.

Ketika sokbreker mobil bermasalah, maka wheel alignment akan sulit dilakukan sehingga dilakukan pemeriksaan detail. Balancing juga mengatur perputaran roda agar tidak bergetar atau terjadi getaran ban berlebih atau tidak normal.

Rotasi ban dilakukan untuk menyamakan tingkat keausan seluruh ban mobil. Kondisi ban yang selalu prima membantu sokbreker lantaran lebih mudah dalam meredam guncangan yang terjadi.