POPULAR STORIES

Perhatikan, Cara Mengendarai Motor Matik Di Tengah Kemacetan

Perhatikan, Cara Mengendarai Motor Matik di Tengah Kemacetan Pengendara motor di tengah kemacetan jalan raya (Foto: Antara)

KabarOto.com - Motor matik, saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, untuk melakukan berbagai aktivitas. Namun, jalan yang macet, terkadang membuat pengemudinya merasa cepat lelah, dan salah dalam mengoperasikan berbagai komponen.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma mengatakan, yang harus diperhatikan untuk pengendara adalah lebih sabar dan dapat mengendalikan emosi saat berkendara di tengah kemacetan.

Baca Juga: Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merawat Sokbreker, Simak Tipsnya

Mengendarai motor matik (Foto: DAM)

Pengemudi harus selalu bijak dan pahami etika berkendara, sebaiknya tidak terpancing dan tidak memancing emosi pengendara lain, seperti membunyikan klakson yang berlebihan, tidak memotong antrian, dan peduli keamanan sekitar sesama pengendara.

Penggunaan throttle atau gas tidak ditarik secara spontan, atau sekaligus, tetapi di ayun secara perlahan dan harus hati-hati menggunakan jari-jemari dalam mengoperasikan handle atau tuas rem.

Penggunaan rem saat antrian kemacetan lebih baik menggunakan salah satu rem, pengendara bisa memakai rem belakang saja atau rem depan saja atau bergiliran penggunaan rem depan dan rem belakang.

Baca Juga: Tips Daya Adicipta Motora (DAM) Untuk Keselamatan Pengendara Di Jalan Raya

Dalam menarik throttle gas, pastikan posisi jari tidak menekan tuas rem secara bersamaan, agar pergerakan sepeda motor tidak tertahan, serta tidak merusak komponen atau part rem, serta kelistrikan sesuai usia pakai.