POPULAR STORIES

Tips Bikin Motor Matik Lebih Kencang Tanpa Bore-up

Tips Bikin Motor Matik Lebih Kencang Tanpa Bore-up Cara tambah kemampuan motor matik. (Kabaroto/Noza)

Kabaroto.com - Bagi Anda yang ingin meningkatkan kekuatan tunggangan Anda agar bisa melaju lebih kencang, ada beberapa tips sederhana yang tak membutuhkan dana yang besar, serta tanpa harus melakukan bore-up. Seperti apa?

Caranya adalah Anda pakai roller yang lebih ringan. Hal ini bertujuan untuk menyelaraskan setting upgrade performa non bore-up yang sulit dibuat. Tetapi, Anda jangan terlalu banyak menurunkan bobor roller. Cukup 2 gram saja dari roller bawaan pabrik.

Kemudian, pakai noken AS Racing dan tutup klep musti disesuaikan. Untuk melakukannya, langkah yang paling simpel adalah dengan mengganti noken AS standar dengan racing. Hal tersebut bisa diterapkan bagi yang menggunakan motor matik Yamaha Mio. Sedangkan untuk pengguna motor Honda BeAT, hanya menyetel ulang kerenggangan klep. Dengan fuller gauge, setting ulang klep inlet pada angka 0,15-0,20 mm dan bagian exhaust dibikin rapat (0,07-0,1 mm).

Cara Tambah kemampuan motor matik. (Kabaroto/Noza)
Caption

Lalu, lakukan Porting Pada Bagian Exhaust, ketika masih dalam kondisi standar. Dinding pada lubang inlet atau pun exhaust teksturnya seperti kulit jeruk. Kebanyakan mekanik menganggap itu adalah sebagai penghalang baik itu jalur masuknya gas atau keluarnya gas, padahal pendapat tersebut adalah keliru. Supaya performanya maksimum, inlet yang seperti kulit jeruk itu jangan dibuang, sebab mempengaruhi proses percampuran bahan bakar dengan udara.

Tahap yang harus dihaluskan adalah bagian exhaust-nya saja, supaya proses pengeluaran dari hasil pembakaran menjadi lebih lancar. Bagian exhaus tersebut harus dibuat halus dan rata. Untuk langkah dan proses penghalusan dan perapatannya dilakukan teknik porting dengan menggunakan tuner atau amplas.