POPULAR STORIES

Tips Cuci Kendaraan Di Rumah, Bisa Pakai Air Panas

Tips Cuci Kendaraan di Rumah, Bisa Pakai Air Panas Ilustrasi mencuci kendaraan di rumah (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Musim penghujan masih berlangsung, setelah kendaraan selesai digunakan biasanya kotoran menempel pada seluruh bagian. Selain mencuci di bengkel steam, bisa dilakukan di rumah. Air hangat bisa menjadi pendukung untuk membersihkan kotoran.

Selain itu, untuk mempermudah mencuci kendaraan di rumah, saat ini sudah banyak dijual alat-alat cuci steam dengan harga terjangkau, dan bisa digunakan berkali-kali.

Gunakan sabun dan tekanan air yang tepat

Gunakan Sabun Dan Tekanan Air Yang Benar

Tapi, perlu Sobat Kabaroto ketahui, mencuci kendaraan sendiri harus memperhatikan sabun dan tekanan air yang digunakan, agar warna kendaraan tidak cepat pudar.

Baca Juga: Perbedaan Carbon Kevlar Dan WTP: Punya Peran Untuk Industri Otomotif

Chief of Vision PT Perkakas Sumber Karya, Nicko, menjelaskan, mencuci kendaraan harus menggunakan tekanan air 100 bar.

VICI HWM 300, alat semprot bertekanan yang mampu menyemprotkan air panas hingga 90 derajat Celsius

"Tekanan air yang aman itu 100 bar, bisa digunakan untuk motor dan mobil. Ini mencegah rusaknya lapisan coating pada cat. Kalau tekanan 28 bar, itu untuk membersihkan dumb truk, oli merembes, hingga gemuk mengental," jelas Nicko.

Air Panas Bisa Membantu Membersihkan Oli Menempel

Selain itu, penggunaan air panas juga disarankan untuk membersihkan di beberapa bagian kendaraan, seperti area yang tertempel aspal atau oli mengental.

Baca Juga: Apa Penyebab Lampu Motor Tiba-tiba Mati? Ternyata Bukan Cuma Aki, Cek Bagian Ini!

Vici tawarkan beragam produk alat cuci

"Bahan lengket bekas aspal itu bisa dibersihkan menggunakan air panas. Tekanan air juga harus di atas 150 bar, kalau di bawah itu nanggung. Tapi, air panas bukan untuk membersihkan, tetapi membantu untuk melunturkan kotoran," tambah Nicko.

Produk Vici Tawarkan Alat Cuci Bertekanan Sesuai Kebutuhan

VICI sendiri, menawarkan berbagai alat cuci bertekanan, seperti VICI PWM 110 yang ideal untuk digunakan di rumah dengan tekanan sebesar 130 bar dan daya sekitar 1.100 watt.

Pilihan lainnya, adalah VICI PWC 70N lebih kecil, dilengkapi 2 mode, yakni Soft dengan tekanan 20 bar dan daya 450-500 watt untuk membersihkan AC, serta mode Full Power, dapat mencapai tekanan 100 bar dengan daya 750 watt.

Di sektor industri, menawarkan VICI HWM 300, alat semprot bertekanan yang mampu menyemprotkan air panas hingga 90 derajat Celsius, dengan tekanan 150 bar dan kapasitas hingga 11 liter per menit.