Tips Jaga Aki Mobil Tetap Awet

Tips Jaga Aki Mobil Tetap Awet Accu mobil (foto : ist)

Accu pada sebuah mobil sangat penting perannya. Namun si pemilik kadang tidak terlalu memperhatikannya. Padahal cara untuk menjaga Accu sangat mudah, bisa dilakukan sendiri di rumah.

Berikut Tips cara menjaga accu mobil agar Tetap awet dari Pajero Owners Community (POC):

  1. Periksalah selalu ketinggian air accu, jangan sampai kekurangan karena akan menyebabkan sel cepat korosi, panas dan melengkung apabila tidak terendam air accu. Dan bila perlu penambahan air accu, tambahkan pada pagi hari ketika mesin belum dihidupkan.
  2. Jaga terminal (kutub) accu agar selalu kencang dan apabila ada semacam serbuk putih yang menutupi terminal aki bisa dihilangkan dengan disiram air panas.
  3. Tempatkan accu pada dudukan yang sudah disediakan dan kencangkan pengait secukupnya.
  4. Hindari memakai asesories mobil yang membutuhkan daya besar.
  5. Sebelum mobil dipakai sebaiknya dipanaskan 2-3 menit dulu, dan jika hendak mematikan mesin, matikan dulu semua pencatu daya listrik (lampu, ac, audio, wiper dll) kemudian setelah 2-3 menit baru matikan mesin.
  6. Periksa selalu sistem pendinginan mesin, karena mesin yang terlalu panas akan mempengaruhi kinerja dan kondisi accu. Dan biasakan untuk membuka kap mesin barang sebentar pada saat parkir setelah mobil menempuh perjalanan panjang atau berat atau siang yang panas.
  7. Periksa juga sistem pengisian listrik, cara termudah adalah, kita hidupkan mesin, hidupkan semua asesories listrik, ac dan lampu besar lalu naikan RPM ke 2.000, perhatikan apakah terang lampu besar sama. Apabila tidak sama berarti ada masalah di pengisian atau bahkan di accu itu sendiri.
  8. Bila perlu, tambahkan bubuk EDTA (bisa dibeli di toko kimia) yang sudah dicampur dalam air accu murni dengan komposisi 600ml air aki dioplos dengan 25 gram EDTA. Larutan air aki murni yang sudah bercampur EDTA bisa digunakan untuk menambah air aki apabila air accu kurang dari batas maksimal.
  9. Ketika Anda tidak menggunakan mobil dalam jangka waktu lama, lepaskan koneksi terminal accu. Hal ini akan menghentikan berbagai aplikasi elektronik yang tetap menyala meskipun mesin dimatikan seperti jam atau beberapa fitur perangkat stereo.

Baca juga :