POPULAR STORIES

Tips Mengemudi Di Jalan Menanjak Untuk Pemula

Tips Mengemudi di Jalan Menanjak untuk Pemula Tips mengemudi mobil di jalan menanjak. (istimewa)

KabarOto.com - Diperlukan kecekatan dalam mengemudi agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal. Berikut beberapa tips mengemudi di jalan menanjak bagi pemula.

Ya, kondisi jalan menanjak memang menjadi momok bagi para pengemudi pemula. Apalagi, ketika kita berada di jalan yang menanjak dan dalam kondisi macet. Sebab jika tak cekatan, mobil bisa mundur dan membahayakan pengendara di belakang kita.

Baca Juga:

Lantas bagaimana cara menghadapi situasi ini? Pertama, perhatikan tingkat kecuraman jalan karena itu akan berpengaruh pada transmisi yang harus digunakan.
Tuas transmisi matik ada N untuk posisi netral, P untuk posisi parkir, R artinya reverse atau mobil melaju mundur, serta D untuk kondisi mobil melaju ke depan. Lalu, ditambah lambang D2, dan D1 atau L, di bawah posisi D.

Jika berada di jalan tanjakan daerah pedesaan maupun pegunungan yang biasanya memiliki medan yang lebih curam, Anda tidak cukup jika hanya menggunakan mode D. Tetapi, gunakanlah transmisi D2 untuk bisa melaluinya dengan mudah.

Selain itu, jika tanjakan semakin curam, Anda bisa menggunakan posisi D1. Posisi ini ibaratnya gigi 1 pada mobil manual. Posisi ini digunakan untuk tanjakan yang sangat curam atau ketika terjebak macet dan berjalan merayap di tanjakan.

Hindari penggunaan rem saat akan pindah gigi dari posisi D ke D2 atau D1. Anda hanya harus menekan tombol yang ada di tuas persneling untuk dapat memindahkan gigi.

Anda harus terbiasa menggunakan mobil matik saat kondisi jalan menanjak dengan cara terus berlatih. Dengan begitu, akselerasi mobil matik jadi lebih bertahap yang hampir sama ketika sedang mengendarai mobil manual saat posisi tanjakan.