POPULAR STORIES

Tips Menggunakan Cat Mate Atau Doff

Tips Menggunakan Cat Mate atau Doff Cat Doff tetap digemari para pencinta otomotif (Foto: Istimewa)

Bro n Sist cara mudah mengubah tampilan motor standar pabrik untuk kesenangan hoby salah satunya dengan melakukan cat ulang. Pemilihan warna dan jenis cat pun sangat beragam tergantung selera bro n sist. Ada yang suka warna cerah atau glosy, airbrush warna-warni, hingga mate alias doff.

Untuk bro n sist yang akan memilih menggunakan cat doff, meski tidak sampai bomming, tetapi penggemarnya tetap banyak bertambah dan setia. Namun, diakui cat jenis ini memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya ialah permukaan yang tidak halus membuatnya rentan serangan bercak debu dan air. Ada beberapa pertimbangan sebelum memutuskan memakai cat doff agar hasilnya tidak mengecewakan.

“Pertama, kalau mau cat doff dengan hasil bagus pilih cat berbahan dasar PU (Poly Urethane). Kedua, pernisnya memang khusus mate clear coat. Pernisnya ada beberapa kelas. Makin murah kualitas juga kurang,” ungkap bro Irfan pemilik bengkel Fans Variasi Motor kepada kabarOto.

Bisa saja pakai cat yang lebih murah (tipe NA/Nitro Cellulose), dan memakai pernis kelas rendah seperti Lux atau sejenisnya tergantung budget, maka terbukti budget menentukan kualitas. Meski hasil akhir setelah pengecatan mungkin tidak terlalu kentara, perbedaan memakai cat dan pernis bagus akan tampak saat pemakaian jangka panjang.

“Tapi juga tergantung perawatan, makin parah kalau ngerawatnya salah. Saran saya, tanya tukang cat-nya dia pakai pernis mate-nya apa. Kalau dia bilang pakai Lux, minta upgrade. Tidak apa bayar agak mahal tetapi bagus,” pungkas bro Irfan.

baca juga: