POPULAR STORIES

Tips Menghabiskan Libur Akhir Tahun Pakai Mobil

Tips Menghabiskan Libur Akhir Tahun Pakai Mobil Tips simpel namun kerap disepelekan saat menghabisi liburan akhir tahun pakai mobil (Kipli/Suzuki)

KabarOto.com - Memasuki bulan Desember 2023, menandakan masuknya musim liburan. Kebanyakan keluarga biasanya sudah membuat jadwal menuju destinasi wisata impian.

Menanggapi fenomena ini, Suzuki memberikan beberapa tips simpel, yang bisa dilakukan oleh seluruh keluarga berlibur menggunakan mobil, sehingga perjalanan liburan akhir tahun lebih menenangkan.

1. Pastikan seluruh penumpang telah menggunakan sabuk pengaman

Sebelum memulai perjalanan, sangat penting untuk memastikan sabuk pengaman telah terpasang dengan benar. Seringkali penggunaan sabuk pengaman ini difokuskan pada pengemudi dan penumpang yang duduk di bangku depan saja.

"Padahal setiap orang yang ada di dalam mobil termasuk penumpang di baris tengah dan belakang juga perlu untuk menjaga keselamatan selama perjalanan," ujar Hariadi selaku Assistant to Service Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Tak hanya sekadar lampu peringatan, beberapa mobil modern sudah punya sensor peringatan dengan fitur buzzer, yang akan berbunyi untuk mengimbau agar pengguna segera memasang sabuk pengamannya.

Baca Juga: Galeri Suzuki Burgman Street 125EX

2. Gunakan Child Seat untuk keselamatan anak

Pilihan child seat cukup beragam sehingga menyesuaikan kebutuhan anak di setiap umur, misalnya seperti seat booster bagi anak usia remaja agar posisi sabuk pengaman nyaman digunakan, atau baby car seat yang khusus didesain untuk anak usia bayi hingga batita yang membutuhkan ISOFIX untuk memastikan pengamannya terpasang sempurna.

"Hal ini dikarenakan statistik kecelakaan menunjukkan bahwa anak-anak lebih aman bila ditempatkan pada baris kedua daripada di baris pertama mobil," tambah Hariadi.

3. Manfaatkan fitur Childproof Rear Door Lock pada pintu baris penumpang

Selama perjalanan, baik dekat maupun jauh, anak-anak dianjurkan untuk duduk di kursi baris tengah agar memiliki ruang gerak yang lebih luas. Meskipun dianjurkan untuk duduk secara mandiri, posisi duduk anak selama perjalanan sebaiknya berada dekat dengan orang dewasa agar tetap berada dalam jangkauan dan pantauan.

Posisi ini juga dapat menghindari kejadian anak bermain dengan sabuk pengaman atau melepas sabuk pengamannya. Selain memperhatikan sabuk pengaman yang selalu terpasang, penting pula untuk memastikan bahwa pintu dan kaca jendela baris penumpang telah terkunci dengan sempurna untuk mengantisipasi anak membukanya ketika mobil masih berjalan.

Untuk memberi ketenangan lebih selama perjalanan, pengguna mobil juga dapat memanfaatkan fitur childproof rear door lock yang terletak pada sisi dalam pintu baris penumpang. Ketika diaktifkan, maka pintu hanya dapat dibuka dari sisi luar sehingga potensi anak membuka pintu tanpa pengawasan orang tua dapat diminimalisir.

Baca Juga: Dijual Terpisah Rp 8 Jutaan, Ini Detail Fitur E-Mirror Touchscreen Suzuki XL7 Hybrid

4. Pastikan fitur penunjang keselamatan pada mobil dalam posisi aktif dan normal

Beberapa fitur penunjang keselamatan seperti Electronic Stability Program (ESP), Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), Airbag, hingga Hill Hold Control (HHC) yang telah disematkan pada mobil, berperan untuk mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan rasio keselamatan pengguna mobil pada kondisi-kondisi darurat yang tidak diantisipasi.

Mobil masa kini kebanyakan sudah dilengkapi dengan fitur yang membantu menjaga kontrol atas kendaraan, dan mencegah potensi hilang kendali akibat berkurangnya traksi roda pada kondisi jalan yang kurang ideal.

"Apabila terdapat kendala selama perjalanan liburan, pengguna mobil Suzuki dapat menghubungi layanan Halo Suzuki di nomor 0-800-1100-800 yang siap siaga 24 jam," tutupnya.