POPULAR STORIES

Tips Menjaga Kabin Mobil Tetap Nyaman Saat Mudik Lebaran

Tips Menjaga Kabin Mobil Tetap Nyaman Saat Mudik Lebaran Suzuki Eriga Hyubrid Cruise. (Foto: Suzuki)

KabarOto.com - Menjaga kabin mobil tetap nyaman saat perjalan mudik Lebaran menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Sebab, perjalanan yang panjang dan macet terkadang membuat penumpang menjadi mudah stres.

1. Pastikan AC berfungsi dengan baik

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menjaga kabin tetap nyaman adalah memastikan AC mobil berfungsi dengan baik.

Dasbor dan area kabin mobil

Kepadatan jalan dan durasi perjalanan yang panjang membutuhkan kenyamanan dari air conditioner (AC) yang bersih dan sehat, sehingga keluarga tidak mudah merasa stres selama perjalanan.

Saat melakukan service di Bengkel Resmi, biasanya teknisi akan secara otomatis melakukan pengecekan komponen AC seperti kondisi evaporator, kompresor, tali kipas, hingga filter AC.

Baca Juga: Tips Persiapan Mudik Lebaran, Cek Kondisi Dan Jenis Ban Serep

2. Mempersiapkan suasana kabin yang bersih dan wangi

Sangat penting untuk menjaga kebersihan serta aroma di dalam mobil, sebab kabin mobil yang bersih dan wangi berpengaruh terhadap kenyamanan dan suasana hati selama perjalanan.

Untuk menghindarkan mobil dari aroma tidak sedap yang berasal dari sisa makanan, sebaiknya pelanggan melengkapi kabin mobil dengan tempat sampah yang tertutup. Upaya lainnya seperti menambah pengharum mobil juga menjadi ide yang baik.

Gunakan kaca film sesuai kebutuhan

3. Pemilihan kaca film mobil yang sesuai dengan prosedur dan kebutuhan

Penggunaan kaca film yang tepat dapat melindungi pengendara dan penumpang dari sinar UV hingga mengurangi resiko kejahatan karena menghambat pandangan dari sisi luar mobil terhadap barang bawaan yang ada di dalam.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan, pada bagian depan bisa menggunakan kaca film dengan kegelapan maksimal mencapai 40% dan pada bagian kiri kanan dapat diganti dengan kegelapan kaca film maksimal 70%. Kemudian pada bagian belakang dapat diimplementasikan sesuai dengan kaca depan agar jarak pandang tetap jernih dan bersih.

Baca Juga: Mau Beli Mobil Bekas untuk Mudik? Simak Tips Ini Supaya Enggak Salah Beli

Bangku dengan Isofix di baris kedua


4. Menentukan posisi tempat duduk yang aman

Pengaturan tempat duduk adalah hal mudah namun sebenarnya penting diperhatikan, khususnya bagi yang melakukan perjalanan mudik bersama anak kecil. Untuk memberikan rasa aman, keluarga Suzuki bisa memanfaatkan fitur ISOFIX yang tersedia pada baris kedua untuk mengaitkan car seat dengan jok mobil, sehingga lebih aman untuk anak-anak.

Mengaktifkan fitur Engine Auto-Stop

5. Mengaktifkan fitur Engine Auto-Stop untuk efisiensi bahan bakar

Keadaan lalu lintas dalam situasi stop & go selalu menjadi ciri khas perjalanan mudik di Indonesia yang berdampak kepada konsumsi bahan bakar. Pemudik yang menggunakan mobil hybrid Suzuki bisa lebih tenang pada kondisi tersebut karena adanya fitur engine auto-stop dapat mendukung perjalanan mudik yang lebih hemat.

Dalam kondisi kapasitas baterai yang cukup, fitur ini akan mematikan mesin secara otomatis saat pengendara menghentikan laju mobilnya untuk beberapa saat. Mesin mobil yang tidak aktif dapat mengurangi konsumsi bahan bakar selama perjalanan.

Baca Juga: Piston Kompresor AC Mobil Punya Fungsi Penting, Jangan Sampai Rusak

“Menyambut momen libur lebaran 2024, Suzuki menghimbau agar pelanggan setia kami menyiapkan mobilnya dengan maksimal untuk perjalanan mudik yang berkesan,” tutur Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS.