POPULAR STORIES

Piston Kompresor AC Mobil Punya Fungsi Penting, Jangan Sampai Rusak

 Piston Kompresor AC Mobil Punya Fungsi Penting, Jangan Sampai Rusak Kompresor AC Mobil yang Dibongkar. (Foto: dok. AC Mobil Otomekanik)

KabarOto.com - Piston kompresor AC mobil merupakan salah satu komponen pada sistem pendingin mobil yang kerap terlupakan. Jika mobil Sobat KabarOto mengalami penurunan kualitas suhu dingin, satu hal yang mungkin terjadi adalah piston kompresor AC mobil yang sudah tidak bisa bekerja dengan optimal.

Melansir dari Hhaircon, KabarOto akan menjelaskan apa itu piston kompresor ac mobil hingga tips memilih piston kompresor AC mobil.

Mengenal Piston Kompresor AC Mobil

Piston kompresor AC mobil adalah bagian penting dari sistem pendingin udara mobil yang bertugas untuk mengkompres gas refrigeran menjadi cairan. Piston ini bergerak naik turun di dalam silinder untuk menciptakan tekanan yang diperlukan untuk mengalirkan refrigeran melalui sistem AC.

Fungsi Piston Kompresor pada AC Mobil

Piston kompresor pada AC mobil memiliki beberapa fungsi penting. Pertama, piston ini bertanggung jawab untuk menghisap gas refrigeran dari evaporator dan mengkompresnya menjadi cairan. Selanjutnya, piston memindahkan cairan refrigeran yang telah dikompresi ke kondensor untuk proses pendinginan. Tanpa piston, proses ini tidak akan terjadi, sehingga menyebabkan sistem AC tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga: 16 Komponen AC Mobil Beserta Fungsinya, Perlu Diperhatikan

Yang Terjadi Jika Piston Kompresor Mobil Rusak

  • Kinerja Pendingin Menurun

Kerusakan pada piston kompresor dapat menyebabkan penurunan kinerja pendinginan AC mobil. Piston yang rusak mungkin tidak dapat menghasilkan tekanan yang cukup untuk mengkompres refrigeran dengan efisien, mengakibatkan udara yang dikeluarkan oleh AC menjadi tidak cukup dingin.

  • Kerusakan Komponen Lain

Kerusakan pada piston kompresor bisa menyebabkan kerusakan pada komponen AC lainnya, seperti kondensor, evaporator, atau katup ekspansi. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan yang meluas dan biaya perbaikan yang mahal.

  • Kebocoran Refrigeran

Jika piston rusak parah, dapat terjadi kebocoran refrigeran dari sistem AC mobil. Kebocoran ini dapat mengurangi efisiensi pendinginan AC dan menyebabkan kerusakan pada komponen sistem yang lain.

Baca Juga: Kapan Waktu Ideal untuk Servis AC Mobil? Ini Panduan Lengkapnya

  • Kerusakan pada Kompresor Keseluruhan

Kerusakan pada piston kompresor juga dapat mengakibatkan kerusakan pada kompresor AC mobil secara keseluruhan. Hal ini dapat memerlukan penggantian kompresor secara keseluruhan, yang merupakan perbaikan yang tidak murah.

Tips Memilih Piston Kompresor Mobil

  1. Pastikan untuk mengetahui merek, model, termasuk kapasitas refregeran yang diperlukan yang disesuaikan juga dengan tahun mobil.
  2. Pastikan kualitas merek komponen dengan merek yang terpercaya.
  3. Pastikan piston kompresornya kompatibel dengan sistem AC mobil yang dimiliki, perhatikan spesifikasinya.
  4. Pilihlah piston kompresor yang disertai dengan garansi yang baik dari produsen atau penjual.
  5. Konsultasikan dengan mekanik atau teknisi AC mobil yang terpercaya.