Tips Menyetel Komstir Motor

Tips Menyetel Komstir Motor Cara mengencangkan bearing komstir sepeda motor (foto: KabarOto)

Banyak istilah sebutan untuk komstir, ada yang menyebutnya dengan Kom Leher sepeda motor. Komstir terletak pada leher kemudi yang berarti sangat penting fungsinya, komstir terdiri dari dua bagian yakni bagian bawah dan bagian atas. Jika komstir atau kom leher mengalami kerusakan bisa di rasakan saat kita berkendara, stang terasa goyang atau terdapat bunyi benturan pada saat di jalan yang berlobang atau rusak. Jika anda belum pernah melakukan penyetelan komstir, pada dasarnya menyetel komstir motor sangatlah mudah, hanya dengan melakukan beberapa langkah, simak tips menyetel Komstir motor berikut ini.

Cara mudahnya dengan melakukan pengecekan, komstir dapat di setel kembali dengan cara mengencangkan mur setelan, yang berada di bawah segitiga dudukan stang bagi motor jenis sport dan di bawah stang untuk motor bebek (biasanya tertutup dengan bodi lampu dan bodi sayap).

Jika cara di atas sudah dilakukan namun komstir masih terasa tidak nyaman, coba lakukan pengecekan pelor (ball bearing) pada bagian atas dan bawah leher motor. Biasanya pelor yang sering mengalami masalah (haus) bukan pada bagian dudukannya. Atau cek bagian baering mungkin ada yang kendor, dengan melakukan putaran (Kencangkan dengan menggunakan obeng pipih dan di pukul dengan palu). Sebaiknya jangan terlalu kencang atau terlalu kendor, pastikan posisi stang senyaman mungkin.

Bila Bro n Sist ingin melakukan pergantian komstir, ikuti beberapa langkah berikut ini.

. Oleskan terlebih dahulu stemplet atau gemuk di tempat pelor diletakkan pada bagian komstir.
. Atur posisi pelor dengan merata, jangan sampai ada celah, yang akan mengakibatkan komstir akan goyang.
. Pasang kembali komstir pada bagian leher motor dengan perlahan, agar pelor yang sudah di bubuhi stemplet tidak bergeser atau lepas.
. Kencangkan 2 buah bearing yang menjadi pengikat komstir dengan leher motor.
. Setel dengan kenyamanan Bro n Sist saat berkendara.