Tips Merawat Motor di Musim Hujan

Ahmad Djainudin
Ahmad Djainudin 20 Dec 2017 - 16:36
Tips Merawat Motor di Musim Hujan
Tips merawat motor dimusim hujan (KabarOto)

KabarOto.com - Indonesia saat ini sudah memasuki musim hujan. Berkendara di bawah guyuran hujan atau menerobos banjir bisa menyebabkan motor mengalami kerusakan.

Berikut ini beberapa tips merawat sepeda motor pada musim hujan yang diberikan mekanik dan builder Dwayne Racing kepada KabarOto.com.

Baca Juga:

1. Cuci atau Bilas Kendaraan
Segera lakukan pencucian pada kendaraan bila terkena hujan dan genangan banjir, karena air hujan memiliki kandungan zat asam yang bisa menyebabkan pengikisan warna pada motor. Melakukan pembilasan dengan menggunakan air biasa akan mencegah timbulnya karat pada bagian komponen motor.

2. Cek Tekanan Ban
Sebaiknya setelah menerobos genangan air atau banjir periksalah tekanan udara dalam ban motor. Jika tekanan ban kurang maka akan menyebabkan permukaan telapak ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan aspal semakin banyak. Yang mengakibatkan tarikan motor menjadi berat yang berpotensi mempercepat umur ban.

3. Rantai
Dengan sifat air hujan yang memiliki keasaman, bila terkena benda berbahan metal atau besi akan menimbulkan karat, seperti kerangka dan rantai motor. Terlebih lagi bila motor yang anda kendarai tidak menggunakan penutup rantai, yang sangat berpotensi dan rentan sekali untuk menimbulkan karat. Dengan menggunakan menutup rantai motor menjadi solusi agar terlindungi dari hujan, dan menghindari karat pada rantai.

4. Kanvas dan Cakram Rem
Perlu diketahui kanvas rem pada sebuah kendaraan itu terbuat dari bahan asbes, yang bila terkena air maka akan menggelembung dan mengeras ketika sudah kering. Oleh sebab itu saat anda selesai mencuci motor ada baiknya anda menginjak pedal rem dengan tujuan agar kanvas cepat kering. Sementara pada bagian rem cakram, perawatan yang anda lakukan cukup dengan membersihkan komponen yang ada pada bagian rem cakram (disk cakram). Pasalnya rem cakram bersifat terbuka dan ketika anda melibas genangan air maka kotoran akan menempel pada bagian disk cakram.

5. Busi
Busi merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor, lakukan pengecekan pada busi untuk memperlancar kerja mesin ketika digunakan, yaitu dengan cara membuka karet penutup busi kemudian di semprot hingga bersih dari air yang mengendap pada cangklong busi. Tidak hanya pada busi saja, perhatikan juga dengan kabelnya, pasalnya jika busi motor basah akan menghambat proses pengapian ketika motor dihidupkan.

Editor : arie