POPULAR STORIES

Tips Ampuh Untuk Menghemat BBM Mobil Anda

Tips Ampuh untuk Menghemat BBM Mobil Anda Tips menghemat bbm mobil. (istimewa)

KabarOto.com - Perusahaan otomotif saat ini berlomba-lomba untuk menciptakan mobil yang irit bahan bakar minyak (BBM). Akan tetapi, semua jenis mobil sebenarnya bisa hemat BBM asalkan kita mengetahui caranya.

KabarOto.com kali ini mencoba memberikan tips bagaimana cara menghemat BBM. Sebenarnya, semua itu bersumber dari bagaimana cara kita mengemudi dan merawat kendaraan kita.

1. Mengemudi dengan Baik dan Benar

Memacu kendaraan dengan cepat dan mengerem secara mendadak dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. Memacu kecepatan mobil tanpa cara berkendara yang baik hanya akan mengurangi jarak tempuh. Namun, pemakaian bahan bakar tetap tinggi.

Cara mengemudi yang tepat untuk menghemat BBM adalah dengan melakukan akselerasi secara perlahan dan lancar. Kemudian, menaikkan gigi secepat mungkin.

2. Perhatikan Batas Kecepatan

Mengemudi dengan kecepatan tinggi memang bisa membuat Anda sampai ke tujuan dengan lebih cepat. Namun, kebiasaan mengemudi seperti itu bisa menguras bahan bakar mobil.

Jadi, kemudikan kendaraan Anda dengan perlahan dan stabil. Perhatikan batas kecepatan kendaraan Anda. Jangan memacu kendaraan melebihi batas yang dianjurkan.

Baca Juga:

3. Perhatikan Tekanan Udara Ban

Kurangnya udara pada ban juga turut memengaruhi konsumsi bahan bakar mobil. Ban kempis mengakibatkan konsumsi bahan bakar meningkat. Periksa tekanan angin ban mobil Anda sebelum bepergian.

4. Gunakan AC Seperlunya

Penggunaan AC juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Jika cuaca tidak terlalu panas, setel AC pada level rendah. Kebiasaan membuka jendela dan mematikan AC juga salah. Itu karena membiarkan jendela terbuka pada kecepatan tinggi akan menghambat laju mobil. Sehingga, membuat mesin bekerja lebih keras.

5. Pilih Bahan Bakar yang Tepat

Harga bahan bakar yang tinggi tidak bisa menjamin kinerja yang lebih baik untuk mobil. Banyak mobil dirancang untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan biasa. Pakailah jenis bahan bakar dengan kadar oktan yang tepat untuk mobil Anda.

6. Lakukan Perawatan Secara Berkala

Perawatan yang teratur merupakan kunci untuk menghemat pemakaian bahan bakar. Periksalah kadar kekentalan pada oli. Gantilah oli bila sudah kotor karena sangat mempengaruhi kerja mesin mobil Anda. Semakin berat kerja mesin mobil akan semakin boros pemakaian bahan bakarnya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan berkala pada mobil Anda.