POPULAR STORIES

Tips Mudah Kenali Kondisi Mesin Motor

Tips Mudah Kenali Kondisi Mesin Motor Tips mudah kenali keadaan mesin motor (Foto: Ahmad Djainudin/KabarOto)

Kabaroto.com - Bro n Sist bila membeli motor second pasti lebih berisiko dibanding membeli motor yang baru. Jika tidak cermat dan teliti Bro n Sist bisa saja tertipu dengan tampilannya, dan lebih parahnya bila mendapatkan keadaan mesin motor yang sudah tidak gress dengan kondisi buruk.

Diperlukan keahlian tertentu bila Bro n Sist tidak ingin tertipu saat membeli motor second. Tetapi untuk Bro n Sist yang tidak memiliki pengetahuan untuk mengecek kondisi mesin sebuah motor bisa menyimak tips mudah berikut ini.

Bagi Ryan dari bengkel RMS cara mudah mengenali kondisi mesin motor, bila ingin membeli motor bekas ada tips mudah untuk mengeceknya, "tips mudahnya yaitu, bila keadaan motor sehat waktu gasnya dibuka terus ditutup lagi motor tetap hidup atau menyala," ungkap Ryan kepada kabaroto.

Ryan menegaskan, bila motor dalam keadaan dan kondisi baik dapat didengar dari suara mesin yang halus, serta masih langsam. Untuk mengetahui hal tersebut, Bro n Sist hanya perlu menarik tuas gas dengan perlahan hingga mencapai putaran akhir (gas mentok) saat mesin hidup.

"Tarik gas sampai mentok setelah itu lepaskan gas, lalu perhatikan putaran mesin apakah langsam atau tidak. Biasanya, motor bekas yang kondisinya tidak bagus langsung drop bahkan tak jarang langsung mati," terang Ryan.

Menurut Ryan, drop atau mesin menjadi mati itu bukan karena setelan gasnya dibuat besar, tetapi menandakan ada komponen di dalam mesin yang sudah tidak berfungsi dengan baik, dan bisa jadi pada bagian karburator bermasalah.

baca juga: