POPULAR STORIES

Tips Parkir Yang Praktis Dan Aman Bagi Pengemudi Pemula

Tips Parkir yang Praktis dan Aman bagi Pengemudi Pemula Parkir mobil (istimewa)

KabarOto.com - Bagi orang yang baru bisa mengemudi, memarkir mobil menjadi pekerjaan yang paling sulit. Mereka sering salah perhitungan dan menyebabkan mobil kesayangan menjadi baret.

Oleh karenanya, teknik memarkir menjad satu di antara elemen dasar yang harus dikuasai oleh pengemudi. Kita harus ekstra hati-hati dalam memperhitungkan jarak agar mobil kesayangan kita tak ingin tergores.

Baca Juga:

Sebagian pengemudi masih sering kesulitan memarkir mobilnya. Jika pun bisa, tidak sedikit yang caranya salah kaprah dan justru membahayakan.

Maka dari itu, teknik memarkir menjadi salah satu elemen dasar yang harus dikuasai oleh pengemudi. Ekstra hati-hati diperlukan saat pertama kali belajar memarkir mobil, jika tidak ingin ada goresan pada mobil kesayangan.

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah menilai jarak area parkir. Bila sudah, mundurlah pelan-pelan. Pastikan untuk memberi jarak antara sisi belakang atau samping mobil, agar tidak kesulitan saat keluar dari mobil.

Selain itu, amati keadaan sekitar melalui spion serta area bahu untuk memastikan keadaan di belakang mobil pada saat parkir.

Ada tiga cara memarkir mobil. Pertama adalah parkir tegak lurus. Untuk melakukannya, Anda harus menyamakan posisi kaca spion dengan mobil di samping. Selain itu, pastikan bumper depan sudah dekat dengan pembatas area parkir di depan.

Kedua adalah parkir miring. Untuk melakukan teknik parkir ini, Anda sejajarkan arah mobil dengan garis di area parkir. Kemudian, Anda pindahkan gigi ke posisi mundur dan pastikan arah mobil menyerong 45 derajat.

Terakhir adalah parkir pararel. Ini adalah teknik parkir yang paling sulit untuk dilakukan. Anda perhatikan sudut bagian belakang mobil yang parkir dan jangan sampai tersenggol.

Masukkan gigi mundur, kemudian putar setir ke sisi arah tempat parkir. Mundurkan perlahan, lalu putar kemudi sesuai ke arah yang ingin dituju. Usahakan kondisi mobil sejajar dengan yang di depan dan belakang.