POPULAR STORIES

TnD Lithium, Baterai Pengganti Aki Konvensional Untuk Motor

TnD Lithium, Baterai Pengganti Aki Konvensional untuk Motor Baterai sel lithium Phostape atau TnD Lithium, solusi pengganti Aki Konvensional.

KabarOto.com - Aki motor baru saja diganti, namun headlamp redup, klakson pun tidak berbunyi apalagi distarter sulit, tentu akan membuat jengkel. Itu tanda jika aki motor Anda sudah soak atau harus diganti kembali.

Hal ini sering dialami para pemilik sepeda motor, umumnya mencari titik permasalahan dan mencari solusinya.

Solusi yang bisa mengatasi masalah tersebut adalah baterai sel lithium Phostape atau TnD Lithium. Baterai ini sebagai alternatif pengganti aki konvensional yang biasa digunakan sepeda motor.

Baterai sel Lithium-Iron Phospate atau TnD Lithium ini berkapasitas 12 V 6 Ah, dan bisa digunakan untuk semua jenis motor, mulai 150 cc sampai 250 cc.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat Aki Motor Tidak Cepat Tekor

Levin tenaga penjual TnD Lithium PT Sentramitra Dayautama di Balai Kartini, Jakarta Selatan mengatakan, motor yang bisa menggunakan baterai ini adalah Ninja 250, CBR 250, Yamaha R25. "Untuk matik seperti Yamaha Nmax, Honda Vario bahkan Beat lebih bagus pakai ini.

Motor Matik akan lebih bagus pakai TnD Lithium

Produk buatan dalam negeri ini tidak disarankan untuk motor di atas 250 cc, meski daya amperenya lebih besar dan tahan lama. "Kami tidak sarankan dipakai motor 600 cc ke atas, bisa sih dipasang, tapi hanya starter saja," tambahnya. Untuk motor besar menurutnya harus di kustom lagi.

Lalu bagaimana cara pemasangannya? Levin menjelaskan, baterai pengganti aki (accu) pemasangannya sama seperti pada aki umumnya, ada terminal plus dan minus. "Pasangnya ditempat aki motor, tinggal masukan di posisi tempat aki tanpa merubah tempatnya," tambahnya.

Lithium-Iron Phospate punya beberapa kelebihan dibanding aki biasa, seperti kapasitas lebih besar, daya ampere lebih tahan, dan lebih mudah starter.

"Ini lebih ringan dari aki biasa, lebih tahan panas, tahan guncangan, daya ampere lebih tahan. Umur pakainya juga lebih lama, bisa dipakai 5-6 tahun," tambahnya lagi.

Baca Juga: Cara Mudah Merawat Aki Motor

TnD Lithium ini dijual dengan harga Rp 750 ribu. Namun selama pam eran Indonesia Electric Motors Show (IEMS) ada diskon sampai 20 persen dengan garansi 24 bulan atau 2 tahun, asal tidak kena air, tidak berkarat, tidak rusak fisik.

Berita Terkait

Berita Terkait