POPULAR STORIES

Tol Pertama Di Aceh Targetkan Bisa Mendukung Mudik Lebaran 2020

Tol Pertama di Aceh Targetkan Bisa Mendukung Mudik Lebaran 2020 Pengerjaan sedang berlangsung (PUPR)

KabarOto.com - Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74 km tepatnya di Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang, saat ini tengah dikebut progres kontruksinya. Targetnya, tol pertama di Aceh tersebut dapat mendukung mudik lebaran tahun ini.

"Diharapkan seksi 4 dapat operasional, tapi sekurang-kurangnya dapat fungsional tanpa tarif pada Lebaran 2020," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit.

Baca Juga: Menjajal Peugeot 3008 Allure Plus Dengan Rute Jakarta-Solo

Lebih lanjut ia mengatakan, Berdasarkan data, saat ini progres konstruksi jalan tol yang dibangun sejak akhir 2018 dengan skema penugasan Pemerintah kepada PT Hutama Karya tersebut secara keseluruhan adalah 29,76%.

Ditargetkan mendukung arus mudik lebaran 2020

"Khusus di Seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang sepanjang 13,5 km, progres konstruksinya saat ini 77,85% dan ditargetkan rampung sebelum Idul Fitri tahun ini," tutur Danang dalam keterangan resminya.

Bila sudah rampung nanti, ruas tol seksi 4 tersebut dapat mempermudah akses dari Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya dari Sigli - Indrapuri, ke Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda yang berada di Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar.

Baca Juga: Galeri Foto Peugeot 3008 Dan 5008 Allure Plus

Dengan dibangunnya tol yang merupakan salah satu ruas Tol Trans Sumatera, akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli dari sekitar 2-3 jam, dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok melalui perbukitan menjadi hanya 1 jam perjalanan.

Total investasi untuk pembangunan ruas tol Sigli – Banda Aceh ini adalah sebesar Rp 12,35 Triliun dengan biaya konstruksi sebesar Rp 8,99 triliun. Saat ini total progres pembebasan lahan di seluruh seksi sudah 61,61%.