POPULAR STORIES

Tol Ungaran Longsor, Pengguna Jalan Dari Arah Bawen Dialihkan Ke Jalan Nasional

Tol Ungaran Longsor, Pengguna Jalan dari Arah Bawen Dialihkan ke Jalan Nasional

KabarOto.com - Tol Ungaran, Semarang terkena bencana alam tanah longsor yang terjadi pukul 23.00 WIB, pada hari Sabtu, (30/5). Longsor terjadi disebabkan hujan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Ungaran sejak Sabtu malam. Sampai akhir pekan kemarin, (31/5), jalur tol terus dilakukan evakuasi.

Evakuasi dimulai pukul 00.00 WIB menggunakan dua eskavator mengeruk material longsor. Adapun terlihat beberapa truk yang mengangkut material tersebut. Usai dibersihkan jalur tol Ungaran km 426 +600 yang tertimpa longsor akan langsung digunakan lagi.

Baca Juga: Pasca Longsor Di Jalan Tol Semarang-Solo, Satu Lajur Dapat Dilewati

"Saat ini material longsor 80 persen sudah bisa dibersihkan, tinggal membersihkan puing-puingnya sedikit," ujar AKBP Gatot Hendro Hartono Kapolres Semarang, Minggu (31/5).

Akibat peristiwa ini tentunya berimbas ke arus lalu lintas yang tidak bisa digunakan sementara waktu. Selama evakuasi arus lalu lintas dari arah Bawen menuju Semarang dialihkan ke jalan nasional. Apabila pengguna jalan ingin masuk kembali ke tol, maka diarahkan melalui tol Banyumanik.

"Sementara arus lalu lintas di sini kami tutup dahulu sampai jalanan steril dari material longsoran," tambahnya.

Baca Juga: Empat Ruas Tol Baru Siap Dioperasikan Bulan Juni 2020

"Setelah semua material longsor berhasil dibersihkan, jalan kemudian dibersihkan dengan cara disemprot air. Pembersihan dilakukan bersama BPBD Kabupaten Semarang dan Dinas Damkar Kabupaten Semarang," ujar Dirut TMJ David Wijayatno.