POPULAR STORIES

Torsi Jeep Grand Cherokee SWB Lebih Besar Ketimbang LWB, Ini Sebabnya

Torsi Jeep Grand Cherokee SWB Lebih Besar Ketimbang LWB, Ini Sebabnya Jeep Grand Cherokee dengan mesin Hurricane 2.0 bi turbo. Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Jeep Grand Cherokee generasi kelima telah resmi mengaspal di Indonesia melalui distributor resmi DAS Indonesia Motor. Ada dua tipe yakni SWB (Short Wheel Base) 5 seater, dan LWB (Long Wheel Base) 7 seater.

Sekadar informasi varian SWB dan LWB punya mesin yang berbeda, di mana SWB punya mesin Hurricane 4 silinder, DOHC direct injection, turbo ganda, berkapasitas 2.000 cc. Tenaganya sekitar 270 dk pada 5.250 rpm, dan torsi 400 Nm pada 3.000 rpm.

Baca juga: Jeep Rilis Teaser Calon Mobil Listrik, Meluncur Tahun 2025

Mesin Hurricane 2.000 cc turbo ganda.

Sementara LWB disokong mesin Pentastar V6 berkapasitas 3.600 cc, menghasilkan tenaga 285 dk pada 6.400 rpm, dan torsi puncak 353 Nm pada 4.400 rpm.

Jika dilihat dari angka, memang tenaga dari mesin Pentastar lebih besar dari Hurricane, namun soal torsi justru berbeda lumayan jauh.

Padahal kapasitas mesin Hurricane lebih kecil, setelah diusut ternyata penyebabnya adalah turbo yang digunakan di Hurricane, sementara Pentastar masih naturally aspirated dengan kapasitas lebih besar, dan silinder lebih banyak.

Baca juga: Jeep Compass S-Model Hanya 240 Unit

"Torsi di Hurricane lebih besar karena terdapat turbo ganda, lalu karena silinder lebih sedikit, soal tenaga memang lebih kecil namun tidak signifikan," pungkas Dhani Yahya, Chief Operating Officer PT DAS Indonesia Motor.