Touring Ke Bali Saat Pandemi, Ini Tips XSR Brotherhood Indonesia

Touring ke Bali Saat Pandemi, Ini Tips XSR Brotherhood Indonesia

KabarOto.com - Kondisi pandemi Covid-19 mulai awal tahun 2020 membuat para bikers tidak banyak melakukan touring. Namun situasi ini tidak menyurutkan semangat petualang untuk riding motor XSR 155 untuk melakukannya.

Boy Ariwibowo selaku pengguna Yamaha XSR 155, mengutarakan pengalamannya tetap eksis mengendarai motornya ke beberapa titik wisata di pulau Jawa dan Bali yang diklaim tetap memprioritaskan protokol kesehatan.

Mulai dari Jakarta, Boy bergerak ke Bogor lalu menuju Yogyakarta, melintas di Purworejo dan Gunung Bromo. Bertolak dari tempat tersebut, ia melewati Probolinggo hingga Banyuwangi dan tiba di Denpasar.

Tiga hari menempuh perjalanan dari Jakarta ke Denpasar, Boy mengaku puas dapat menyalurkan hobi touring yang menjadi bagian dari momen penting komunitas XSR Brotherhood Indonesia (XBI).

Baca Juga: Tim Touring Uji Pelumas Wealthy Selesaikan Touring 5.000 Kilometer

”Saat pandemi ini, rasanya haus sekali ingin touring pakai motor. Akhirnya, touring ke Bali terasa spesial karena ada Munas I XBI meskipun harus lewati musim penghujan," ujarnya.

Ia mengaku tidak ada masalah selama perjalanan, "Didukung fisik tubuh yang bagus, menurut saya, XSR 155 punya sisi adventure cocok juga buat touring dengan ban dual purpose menerabas jalanan berbatu yang tidak ekstrim, trek di perkotaan dan pedesaan, juga pas untuk harian,” ungkap karyawan swasta ini.

Ia menganjurkan bagi bikers yang ingin touring pakai sepeda motor saat pandemi ini, untuk menerapkan hal berikut:

1. Siapkan fisik yang prima untuk mendukung perjalanan jauh yang akan ditempuh, karena sangat penting bagi kesehatan dan daya tahan tubuh sehingga tetap sehat sampai tempat tujuan dan saat beraktivitas di lokasi tujuan. Lakukan swab test terlebih dahulu untuk memastikan kondisi tubuh bebas dari virus sehingga aman juga bagi orang lain.

2. Menggunakan safety gear yang tepat dan bersih serta tidak bertukar dengan orang lain. Helm full face untuk mencegah terpapar virus di wajah, sarung tangan yang menutupi penuh jari dan telapak tangan, bukan yang bolong di jari tangan atau berjaring, gunakan jaket dan sepatu yang nyaman.

Baca Juga: Inilah Tata Cara Touring Buatan Ikatan Motor Indonesia

3. Membawa perlengkapan pribadi yang digunakan sendiri, tidak berbagai dengan orang lain. Misalnya peralatan mandi, pakaian dan celana, dan lainnya.

4. Membawa dan menggunakan masker, hand sanitizer serta sabun cuci tangan.

5. Jika akan menginap di hotel atau tempat penginapan lainnya, pastikan tempat itu sudah menerapkan aturan protokol kesehatan sehingga aman untuk beristirahat di sana.

6. Selalu menjalani protokol kesehatan jika bertemu rekan atau orang lain dalam perjalanan atau di tempat tujuan.