Toyota Akan Meninggalkan Mesin V8 Di Land Cruiser

Toyota Akan Meninggalkan Mesin V8 di Land Cruiser

Kabaroto.com - Pada penghujung tahun 2018 lalu, ada kabar mengenai desain dari Toyota Land Cruiser terbaru harus direvisi karena beberapa hal yang membuat bos Toyota kurang puas.

Sudah 6 bulan lamannya pihak Toyota merevisi desain untuk Land Cruiser. Selain perkara desain ternyata mesin menjadi masalah utama untuk SUV bongsor ini.

Dilansir dari CarAdvice, pihak Toyota menyatakan bahwa tidak akan ada lagi varian mesin V8 untuk Land Cruiser terbaru, ada beberapa faktor yang membuat peluang kehadiran kembali mesin V8 di Land Cruiser terbaru sangat minim. Salah satunya adalah perkara emisi gas buang dan standar yang diterapkan di pasar global saat ini. Pihak Toyota harus mengeluarkan biaya investasi yang tidak sedikit untuk mengakali mesin V8 milik Land Cruiser supaya bisa masuk dengan regulasi yang berlaku sekarang ini.

Baca juga: BMW Seri-3 Terbaru Siap Rilis di India

Selain tren downsizing yang sedang tren di dunia otomotif, juga memberikan solusi lebih masuk akal bagi pabrikan untuk bisa mengakali standar emisi yang semakin ketat. Oleh karena itu, Toyota Land Cruiser terbaru sendiri diprediksikan bakal ditawarkan hanya dengan pilihan mesin V6 saja, baik yang mesin maupun diesel.

Namun, saat ini pihak Toyota belum memiliki varian mesin turbo diesel V6 di jajaran produknya, dan kemungkinan nantinya pihak pabrikan asal Jepang ini akan memperkenalkan varian mesin tersebut di Toyota Land Cruiser terbaru.

Selain varian mesin V6, diprediksi Toyota juga akan menghadirkan mesin hybrid di Land Cruiser terbaru. Hanya saja, bisa jadi varian hybrid dari SUV legendaris ini tidak akan diperkenalkan di awal kemunculan mobil ini nantinya. Kemungkinan perlu beberapa tahun setelah debut perdana pada generasi terbaru mobil ini hingga varian hybridnya diperkenalkan ke publik.

Baca juga: Bentuk Baru Nissan E-NV200 Jadi Armada Es Krim

Untuk saat ini Toyota bisa mengadaptasi mesin 3.5L hybrid V6 yang di pakai di Lexus LS500h sedan, yang memakai transmisi CVT yang menghasilkan tenaga 395 dk dan torsi 650 Nm. Tenaga ini lebih besar dibandingkan dengan mesin sekarang yaitu 4.5 liter V8 diesel.

Toyota Land Cruiser terbaru dikabarkan akan hadir di tahun 2021 mendatang. Itu artinya, Toyota Land Cruiser berkode J200 yang dijual saat ini bakal mengakhiri masa baktinya setelah 14 tahun mengaspal.

Nah, bagaimana menurut kalian? Apakah Toyota harus meninggalkan mesin V8 untuk Land Cruiser terbaru atau dengan mesin baru V6 dengan hybrid? Yuk silahkan komentar dibawah.

(Rizky Hidayat)