POPULAR STORIES

Toyota Baby Lunar Cruiser Concept, Kendaraan Eksplorasi Antarplanet

Toyota Baby Lunar Cruiser Concept, Kendaraan Eksplorasi Antarplanet

KabarOto.com - Calty Design Research mendesain sebuah kreasi terbarunya, terinspirasi oleh kendaraan yang dibuat untuk menjelajah di bulan. Toyota Baby Lunar Cruiser (BLC) memadukan desain dari Land Cruiser FJ40 asli dengan kemampuan futuristik kendaraan eksplorasi antarplanet.

Didirikan pada tahun 1973 di El Segundo, California, Calty adalah visi Dr. Shoichiro Toyoda dan Eiji Toyoda. Studio baru ini sengaja dirahasiakan agar dapat mengembangkan identitas unik dan memberikan inspirasi segar dan kreatif kepada kantor pusat desain global Toyota di Jepang.

“California adalah pusat ide-ide segar, budaya mobil keren, dan industri film glamor yang menginspirasi Calty untuk menciptakan desain inovatif dan menciptakan tren baru,” kata Kevin Hunter, presiden Calty Design Research.

Baca juga: Gunakan Toyota GR Supra GT4 Evo, TGRI Selesaikan GT World Challenge Asia 2023

Terinspirasi oleh kendaraan yang dibuat untuk eksplorasi di bulan

Selama beberapa dekade, arah dan peran Calty berkembang seiring dengan pertumbuhan Toyota. Tahun 1970-an adalah dekade penemuan dan penelitian. Tahun-tahun awal di Calty di bawah pimpinan studio, Wakil Presiden Eksekutif Mamoru Yaegashi digunakan terutama untuk melakukan penelitian tentang tren desain masa depan.

Salah satu proyek tersebut adalah proposal untuk kendaraan off-road berbasis Land Cruiser. Para desainer CALTY bekerja diam-diam dalam bayang-bayang selama ini, dengan rajin meneliti pasar di dan sekitar California Selatan. Eksperimen didorong, sehingga para perancang tidak membatasi diri hanya pada mobil dan truk.

Nah, mobil konsep Toyota BLC mengambil inspirasi dari Lunar Cruiser asli yang dikembangkan oleh Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) dan Toyota. Digerakkan oleh motor listrik dalam roda dan dikendalikan oleh joystick ganda, tapak BLC yang ringkas dan ban tanpa udara memberikan kemampuan manuver yang tak tertandingi.

Baca juga: Ini Alasan Takuma Aoki Pilih Toyota Fortuner Sebagai Mobil Balap Di AXCR 2023

Dikendalikan oleh joystick ganda

BLC juga menawarkan visibilitas luar yang luar biasa berkat kanopi kaca yang menonjol dan tampilan dasbor augmented reality yang indah.

Desain khas FJ Cruiser seperti ditonjolkan, dengan bentuk gril yang dilengkapi kamera dan sensor lidar/radar, dan konfigurasi pintu belakang terpisah di belakang. Kursi spaceframe dan M.O.L.L.E. panel di seluruh bagiannya memberikan fleksibilitas pada interior untuk beradaptasi dengan segala jenis petualangan.