POPULAR STORIES

Toyota Bicara Soal Rencana Produksi Innova Listrik

Toyota Bicara Soal Rencana Produksi Innova Listrik Toyota Innova Hybrid Electric Vehicle (HEV) (Foto: KO)

KabarOto.com - Pada periode Januari-Maret 2022, Toyota Indonesia berhasil mengapalkan 10 model CBU sebanyak 73 ribu unit ke 4 benua. Pencapaian ini meningkat 48% dibandingkan total ekspor pada periode yang sama tahun sebelumnya yakni 49 ribu unit.

Direktur Administrasi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam mengatakan, untuk Australia, Toyota akan konsentrasi di model pertama dulu yaitu Toyota Fortuner.

"Karena ekspor perdana TMMIN harus konsentrasi kualitas, pengiriman, itu yang pertama untuk mendapatkan kepercayaan diler dan konsumen yang ada di Australia," terang Bob saat media gathering virtual, belum lama ini.

Sementara itu, saat IIMS Hybrid 2022 lalu, Toyota Astra Motor menampilkan Innova Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang rencananya akan diproduksi di Cikarang, Jawa Barat.

Baca Juga: Optimis Ekonomi Membaik, Toyota Targetkan Ekspor 1 Juta Unit Kendaraan Hingga 2025

Ekspor Toyota Fortuner ke Australia (Foto: TMMIN)

Lalu apakah kendaraan listrik tersebut juga akan diproduksi dan di ekspor ke Australia, bahkan dijual di Indonesia? Bob menegaskan, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, salah satunya teknikal mengenai baterai, juga pengaruh suhu terhadap full baterai juga harus dipertimbangkan.

Intinya, dalam memproduksi produk, harus ada permintaan, dan saat ini demand BEV sangat spesifik. Dengan model konsep studi Innova BEV, Toyota ingin memahami tentang bisnis BEV di Indonesia secara keseluruhan.

"Jadi kami masih melakukan studi mengenai marketnya seperti apa, baru kita akan bicara pengembangan, dan produksinya," terang Bob. Ini aspeknya menurut dia cukup luas, termasuk melihat aftermarket-nya.

Sebagai informasi, TMMIN sudah melakukan ekspor perdana ke Australia, ada 600 unit Toyota Fortuner yang dikapalkan. Mobil ini sudah memiliki kandungan lokal sebanyak 75%.

Baca Juga: Galeri Foto Toyota Kijang Innova EV Concept

Sementara itu, tahun 2021 lalu, ekspor TMMIN mencapai 119.000 unit kendaraan, dengan porsi 40 persen dari total ekspor otomotif Indonesia.