POPULAR STORIES

Toyota Bukukan Penjualan 31.424 Unit Sepanjang Maret 2018

Toyota Bukukan Penjualan 31.424 Unit Sepanjang Maret 2018 All new Toyota Rush

KabarOto.com - Toyota berhasil meraih penjualan wholesales sebesar 31.424 unit dan berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 30,9% pada Maret 2018. Kinerja penjualan Toyota bulan lalu tumbuh 13,6% dibandingkan Februari 2018 sebesar 27.665 unit.

Torehan tersebut membuktikan, bahwa sejumlah produk baru yang diluncurkan mendapat respons positif. Terlihat permintaannya meningkat sehingga penjualan wholesales Toyota pun mencatatkan pertumbuhan.

Baca juga: Penjelasan Toyota Mengenai Inden All New Toyota Rush dan Voxy

Tercatat sepanjang Maret lalu, segmen sport utility vehicle (SUV) membukukan pertumbuhan tertinggi sebesar 36%. Hal itu antara lain berkat New Rush yang mencatatkan angka wholesales 5.027 unit dengan pertumbuhan sebesar 40,6% dan Fortuner sebanyak 1.930 unit atau tumbuh 25,4%.

All New Toyota Yaris
All New Toyota Yaris

Selain SUV, segmen MPV pun turut mengalami pertumbuhan sebesar 10,2% di bulan Maret 2018 lalu. MPV Toyota membukukan total wholesales 19.511 unit. Avanza masih menjadi kontributor terbesar dengan wholesales sebanyak 7.097 unit pada bulan lalu. Berdasarkan data Gaikindo, secara nasional pasar low MPV membukukan total penjualan 24.420 unit pada Maret lalu.

Secara volume, angka ini cukup stagnan karena dalam 3 bulan pertama 2018, angkanya relatif sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu di kisaran 24.000 unit/bulan.

Berupaya terus menyeimbangkan suplai dan permintaan. Permintaan terhadap Avanza ternyata tetap meningkat sehingga pada Maret suplainya kembali ke level 7.000 unit.

Segmen hatchback juga berkontribusi terhadap pertumbuhan penjualan Toyota pada bulan lalu. Wholesales hatchback Toyota pada Maret tercatat sebanyak 3.396 unit atau tumbuh 9% dibandingkan bulan sebelumnya.

Yaris menjadi kontributor terbesar di segmen hatchback dengan wholesales 1.287 unit. Permintaan yang cukup tinggi akan New Yaris membuat Toyota terus meningkatkan penjualan dan suplai di bulan Maret, sehingga ada kenaikan sebesar 16,1% dibandingkan dengan Februari 2018.

“Di tengah kondisi pasar yang semakin kompetitif, maka menjadi tantangan bagi Toyota untuk terus menjaga momentum pertumbuhan penjualan. Salah satunya melalui produk-produk baru, seperti Rush dan Yaris,” kata Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

Toyota tercatat melayani semua segmen pasar otomotif nasional dari sedan sampai kendaraan komersial. Total produk Toyota yang mengisi pasar otomotif nasional mencapai 27 line up.

Segmen terbesar adalah MPV yang diisi 6 line up mulai dari Calya di entry MPV, Avanza dan Sienta di segmen low MPV, Innova di segmen medium MPV, Voxy di segmen high MPV, dan Alphard di segmen premium MPV.